Pendidikan

Sering Diremehkan, Ini 5 Kelebihan Menjadi Guru TK yang Jarang Diketahui

CIANJURTODAY.COM – Guru adalah salah satu profesi yang mempunyai tugas secara mulia. Selain itu, seorang guru juga mempunyai amanat untuk membentuk masa depan bangsa melalui murid yang didiknya. Sehingga, Anda harus tahu tentang 5 Kelebihan Menjadi Guru TK.

Harus diakui, menjadi seorang guru mempunyai banyak tantangan dan liku-liku. Maka dari itu, peran guru sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia supaya Negara tetap bisa maju dan berkarya. 

Sekilas Tentang Guru TK

Seseorang guru TK bertanggung jawab atas keahlian bawah anak dalam dunia pembelajaran. Apalagi bukan cuma mengarahkan tentang pembelajaran namun pula mengenalkan anak tentang sikap serta kehidupan tiap hari anak. Sebab periode TK merupakan periode dini ataupun persiapan saat sebelum masuk ke sekolah bawah.

Jenjang pembelajaran TK yang terbuat mulai bermacam- macam, membuat guru TK pula wajib sanggup mengurus hal- hal terpaut kebutuhan anak. Semacam buat anak dengan jenjang playgroup, yang menerima anak dari umur dini semacam 3 tahun. Seseorang guru wajib berfungsi selayaknya orang tua, mengurus makan serta tidur anak kala terletak di sekolah. Nah kebayangkan tanggung jawabnya sebesar apa?

Seseorang guru TK dapat jadi pegawai di sekolah negara maupun swasta yang dikala ini telah terus menjadi menjamur. Satu perihal yang tentu, kala kalian mau berkarier jadi guru TK, kalian wajib mulai mendalami ilmu psikologi anak serta ilmu pembelajaran. Biar kalian dapat memahami metode pengajaran sembari bermain yang diterapkan untuk para murid di sekolah.

Kelebihan Menjadi Guru TK 

Menjadi seorang guru TK memang lebih melelahkan dibandingkan pada profesi lainnya. Akan tetapi, pada saat menjadi seorang guru TK mempunyai beberapa kelebihan yaitu: 

1. Bisa menjadi teladan & pemimpin 

Seperti yang Anda ketahui, menjadi guru pasti harus bisa memberikan contoh teladan kepada murid-muridnya. Tidak hanya itu saja, seorang guru TK juga harus menguasai banyak ilmu.

Guru menjadi pusat perhatian bagi semua muridnya. Bahkan, apa yang diperintah oleh seorang guru para murid bisa langsung menuruti. Sehingga dengan hal tersebut membuat guru bisa selalu memberikan banyak hal-hal positif dan baik. 

2. Guru TK Tidak monoton 

Menjadi seorang guru TK memang sangat menyenangkan. Hal tersebut bisa terjadi, karena dengan menjadi guru TK bisa banyak banyak bertemu dengan murid yang mempunyai ciri khas dan karakter berbeda-beda. Dengan banyaknya macam-macam karakter bisa membuat seorang guru lebih berwarna dan bervariasi. 

Cara lain yang bisa digunakan oleh seorang guru TK adalah bermain games, kuis dan masih banyak lainnya. Sehingga menjadi guru TK jelas tidak membosankan, karena setiap waktu harus membuat kondisi supaya tetap ceria dan gembira. 

3. Mempunyai peran penting pada masa depan 

Tugas dari seorang guru adalah membagikan ilmu kepada murid-muridnya. Seorang guru juga bisa menjadi seorang fasilitator dalam mengembangkan minat dan bakat dari seorang murid. 

Untuk tujuan kali ini adalah murid bisa mendapatkan banyak bekal ilmu, akhlak dan keterampilan di masa yang mendatang. Sampai dengan saat ini banyak dari orang-orang sukses yang lahir dan berhasil dari didikan guru terdahulunya. 

Jadi tidak heran lagi di saat ada beberapa orang yang sudah sukses melakukan silaturahmi dan bernostalgia kepada guru-guru/ Berkat jasa guru bisa membawa orang tersebut bisa sukses sampai dengan titik sekarang. 

4. Mempunyai jam kerja secara fleksibel 

Profesi guru TK mempunyai jam kerja berbeda dengan kantoran dan masih banyak lainnya. Pada saat menjadi seorang pekerja kantoran, Anda diberikan jam yang sudah diatur di dalam sebuah peraturan. 

Akan tetapi, di saat anda menjadi seorang guru TK mempunyai jam kerja cenderung lebih fleksibel. Jam kerja dari profesi guru mengikuti dengan jadwal mengajar dari muridnya. 

Seorang guru juga mempunyai lebih banyak waktu libur yang bisa didapatkan pada setiap tahunnya. Akan tetapi, untuk masalah tugas administrasi sekolah membuat guru tetap selalu ada. 

Apalagi untuk Anda yang mempunyai urusan penting atau mendadak, profesi guru lebih mudah untuk mengatur waktu ulang mengajar. Sehingga, tidak heran lagi banyak dari kalangan masyarakat yang ingin bergabung menjadi seorang guru. 

5. Bekerja dan beramal 

Seorang guru mempunyai tugas untuk membagikan ilmu dan mendidik murid supaya lebih teladan lagi. Untuk kedua hal tersebut bisa dikerjakan secara ikhlas dan menjadi ladang amal yang jumlahnya tidak terhingga. 

Apalagi untuk semua ilmu yang diberikan kepada murid benar-benar bermanfaat, maka bisa memberikan manfaat di masa mendatang. Tentu saja, dengan hal tersebut membuat murid bisa lebih bahagia. 

Itulah dia 5 keuntungan di saat Anda memilih profesi menjadi seorang guru TK. Semoga, dengan penjelasan diatas bisa dijadikan alat untuk meningkatkan jumlah profesi guru TK. Dengan memahami informasi di atas, bisa terbayang bagaimana tanggung jawab seorang uguru TK sangat besar. Meskipun profesi ini kerap dipandang sebelah mata, tetapi, jasa dari seorang guru TK sangat besar bagi masa depan suatu negara.

Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami