WEEKEND LIST

Serunya Wisata Paralayang di Gunung Kasur Pacet Cianjur

CIANJURTODAY.COM, Pacet – Kabar baik bagi warga Cianjur, karena wisata paralayang di Situs Gunung Kasur, Kecamatan Pacet, Cianjur sudah dibuka untuk umum.

Bukan hanya memberikan tantangan yang bisa memacu adrenalin, tapi juga menawarkan sensasi pengalaman yang pastinya tidak akan pernah terlupakan.

Wisata paralayang ini menjadi yang pertama hadir di Kabupaten Cianjur dan merupakan inovasi wisata yang dikembangkan oleh warga Desa Cibodas bersama Paralayang Puncak Bogor.

Salah satu Pengelola Wisata Paralayang Gunung Kasur, Roman mengatakan, sebetulnya wisata paralayang Gunung Kasur ini sudah ada sejak 2015 lalu.

“Wisata Paralayang Gunung Kasur ini sudah ada sejak 2015 dan hanya diperuntukkan bagi komunitas saja. Namun, saat ini sudah dibuka untuk umum,” ujar Roman kepada Cianjur Today, Kamis (28/10/2021).

Menurutnya, Situs Gunung Kasur secara letak geografis berada di dataran tinggi, pemandangan yang indah, kecepatan angin yang mendukung, dan sangat cocok menjadi tempat wisata paralayang.

“Gunung Kasur ini bagus untuk wisata paralayang, ketinggiannya juga pas, udara dan anginnya cocok, apalagi bagi yang baru belajar,” jelas Roman.

Selain itu, lanjut Roman, wisata ekstrem ini sangat mudah dijangkau oleh siapa pun. Sebab, akses jalan menuju lokasi ini sangat dekat dengan jalan utama desa.

“Akes jalan ini sudah mantap, akan tetapi yang menjadi kendala kami belum ada alat untuk paralayangnya. Sebab, saat ini masih meminjam ke Paralayang Puncak Bogor, karena yang di Bogor sudah ada 100 alat lebih,” papar Roman.

Pihaknya menjelaskan, bagi masyarakat yang ingin mencoba atau belajar olahraga ini, bisa datang langsung ke Situs Gunung Kasur karena saat ini sudah dibuka untuk umum dengan minimal usia 20 tahun.

“Harga untuk satu kali terbang itu sekitar Rp450 ribu dan untuk belajar harganya mulai Rp12 juta hingga Rp13 jutaan,” tutur Roman.

Ia mengungkapkan, wisata ini dibuka setiap hari dari jam 09.00 Wib hingga 17.00 Wib.

“Itu pun kalau anginnya bagus. Kalau misal angin sedang jelek dan tidak mendukung, kita tidak melakukan penerbangan,” papar Roman.

Situs Gunung Kasur

Selain menikmati serunya paralayang, Situs Gunung Kasur pun sangat cocok menjadi tujuan liburan, lho. Berada di ketinggian ± 1.080 di atas permukaan laut (dpl), Situs Gunung Kasur menyuguhkan pemandangan yang menyejukkan mata.

Penamaan Situs Batu Kasur bukan tanpa alasan, pasalnya ada lempengan batu menyerupai kasur lengkap dengan bantal dan gulingnya. Namun, kini batu berupa bantal dan gulingnya sudah hilang entah kemana.

Tidak hanya soal lempengan batu menyerupai kasur. Di sana juga terdapat telapak kaki yang konon kabarnya merupakan kaki patih pertama Cianjur.

Kaki tersebut tercetak di sebuah batu besar di sekitar Gunung Kasur dengan posisi seolah hendak pergi ke suatu tempat.

Di sana juga terdapat pemakaman kuno yang konon merupakan makam pendiri kerajaan Cianjur. Makam tersebut adalah Eyang Jaya Paksi yang dipercaya merupakan keturunan Kerajaan Banten.(ren/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker