Today

Simak! Jadwal dan Materi Program Belajar dari Rumah TVRI, 1 Februari 2021

CIANJURTODAY.COM – Jadwal dan materi program belajar dari rumah TVRI. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan stasiun Televisi Nasional (TVRI) menyediakan Program Belajar dari Rumah pada Semester Genap TA 2020/2021.

Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus Covid-19.

Tujuan lain program Belajar Dari Rumah (BDR) adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan edukatif di TVRI Nasional ini untuk siswa PAUD dan SD yang sedang mengikuti pembelajaran daring atau online.

Jadi, bagi siswa dan guru yang saat ini mengikuti pembelajaran jarak jauh, maka jangan lewatkan tayangan Program Belajar dari Rumah.

Mengutip akun Instagram TVRI Nasional @tvrinasional, berikut ini jadwal Belajar dari Rumah di TVRI Nasional, Senin 1 Februari 2021.

Jadwal BDR TVRI 1 Februari 2021

08.00-08.30 Wib PAUD : Kebiasaan Baik

08.30-09.00 Wib Kelas 1 SD : Benda Padat di Sekitar Kita

09.00-09.30 Wib Kelas 2 SD : Apakah itu Benda Padat?

09.30-10.00 Wib Kelas 3 SD : Sepotong Kue Bolu

10.00-10.30 Wib Kelas 4 SD : Arah Mata Angin

10.30-11.00 Wib Kelas 5 SD : Batas Daerah dan Arah Mata Angin

11.00-11.30 Wib Kelas 6 SD : Wilayah Indonesia

Materi BDR TVRI 1 Februari 2021

SD Kelas 1

Pada episode kali ini, Indah sedang membantu ibunya mengepak paket buah jeruk untuk tantenya. Mereka membutuhkan benda untuk mengepak paket tersebut. Indah berinisiatif untuk mencarikan benda tersebut untuk ibunya. Sambil mencari benda tersebut, Indah mengajak untuk menyebutkan benda-benda apa saja yang terbuat dari kertas dan memberikan contohnya

SD Kelas 2

Pada episode kali ini, di segmen Literasi kamu diajak untuk mengetahui benda padat yang ada di sekitar; memahami apa yang dimaksud dengan benda padat, mengenali karakteristik benda padat, serta mengidentifikasi benda padat. Di segmen kedua, numerasi, kamu akan mengenali pecahan dan mengira hitungan tambahan, dengan media penyaji yang disesuaikan dengan jenis-jenis benda padat.

SD Kelas 3

Pada episode kali ini Kak Jo dan Dodi akan mengajak kita untuk belajar mengenal perbedaan benda padat, cair, dan gas serta karakteristiknya. Kak Jo juga membantu Dodi dan Shinta mempelajari bentuk pecahan menggunakan kue bolu yang dibawa Bunda. Yuk, kita hitung besar kue bolunya bersama-sama!

SD Kelas 4

Pada episode kali ini, kamu akan diajak untuk mempelajari arah mata angin, membuat tulisan tentang daerah rumahku, dan berlatih menebak arah mata angin dari peta bumi perkemahan. Di samping itu, kamu juga bisa menghitung jumlah kotak kecil yang dapat dimuat dalam ruang kosong berbentuk persegi, menghitung keliling sawah dengan satuan meter serta menghitung berbagai bentuk keliling sawah.

Kelas 5

Kali ini Kak Kinan akan mengajak kamu melakukan berbagai aktivitas pembelajaran: mengenal peta, legenda peta, ciri geografis pulau, provinsi, batas-batasnya, bentuk batas daerah, serta menuliskan provinsi dan batasbatas daerah.

Selanjutnya kamu akan diperkenalkan dan berlatih kosakata baru; geografis, legenda peta, mata angin, peta, mempelajari arah mata angin, serta intuisi bilangan yaitu menghitung persegi, mengenal perbandingan/rasio dan skala. Selain itu, akan ada proyek kreatif yaitu menuliskan rencana pembuatan peta secara rinci dan lengkap.

Kelas 6

Nita menceritakan pengalamannya naik pesawat terbang dan studi tur ke Bali kepada Eri, adiknya. Eri pun jadi kagum dan ingin berkeliling dunia. Nita menasehati, sebaiknya Eri berpetualang menjelajahi Indonesia dulu, karena banyak pulau di Indonesia yang menarik dan indah di berbagai arah mata angin. Nita pun mengajari Eri bahwa batasbatas Indonesia dijaga oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dengan catatan, bahwa jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button