Today

Simak! Jadwal dan Materi Program Belajar dari Rumah TVRI, 11 Februari 2021

CIANJURTODAY.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerja sama dengan stasiun Televisi Nasional (TVRI) menyediakan Program Belajar dari Rumah pada Semester Genap TA 2020/2021.

Program ini merupakan upaya Kemendikbud membantu terselenggaranya pendidikan bagi semua kalangan masyarakat di masa darurat pandemi virus Covid-19.

Tujuan lain program Belajar Dari Rumah (BDR) adalah untuk membangun kelekatan dan ikatan emosional dalam keluarga, khususnya antara orang tua/wali dengan anak, melalui kegiatan-kegiatan yang menyenangkan serta menumbuhkan karakter positif.

Tayangan edukatif di TVRI Nasional ini untuk siswa PAUD dan SD yang sedang mengikuti pembelajaran daring atau online.

Jadi, bagi siswa dan guru yang saat ini mengikuti pembelajaran jarak jauh, maka jangan lewatkan tayangan Program Belajar dari Rumah.

Mengutip akun Instagram TVRI Nasional @tvrinasional, berikut ini jadwal Belajar dari Rumah di TVRI Nasional, Kamis 11 Februari 2021.

Jadwal BDR TVRI Kamis, 11 Februari 2021

08.00-08.30 Wib PAUD : Anak Jujur dan Mandiri

08.30-09.00 Wib Kelas 1 SD : Mari Menghias Tas

09.00-09.30 Wib Kelas 2 SD : Sifat Benda Padat

09.30-10.00 Wib Kelas 3 SD : Membuat Tas Sendiri

10.00-10.30 Wib Kelas 4 SD : Kekayaan Tradisi Indonesia

10.30-11.00 Wib Kelas 5 SD : Danau di Indonesia

11.00-11.30 Wib Kelas 6 SD : Gunung Berapi

Materi BDR TVRI 11 Februari 2021

SD Kelas 1

Hari ini kita akan membuat pesawat dari kertas bersama Vito. Vito bingung mengapa pesawat kertasnya rusak ketika terkena air. Ibu memberi tahu Vito bahwa tidak semua benda tahan terhadap air. Ibu juga akan mengajarkan Vito bagaimana menghitung pecahan ½ menggunakan benda-benda yang ada di rumah

SD Kelas 2

Riri dan Ibu kembali hadir, kali ini untuk mempelajari bendabenda yang terbuat dari bahan tahan air. Ibu membacakan buku cerita yang berjudul “Benda dan Sifatnya” agar Riri lebih bisa memahami benda apa saja yang tahan dengan air dan sifat-sifat benda yang ada di sekitarnya. Pada Proyek Akhir Minggu, hadir tokoh Ana yang mengajak teman-teman di rumah untuk mulai menghias tas dengan menguatkan dan mempercantik tas dengan lakban.

SD Kelas 3

Kak Jo meminta Dodi dan Shinta untuk menyimak benda bersifat kedap air. Contohnya, ember, payung, dan jas hujan. Pada sesi membaca terbimbing, Kak Jo membacakan cerita berjudul “Benda dan Sifatnya”. Kemudian ia membantu kedua adiknya untuk memahami pecahan dari ukuran benda. Selain itu, mereka juga melakukan kegiatan eksplorasi dengan mewarnai batangan pecahan berdasarkan nilai pecahannya.

SD Kelas 4

Betulkah bahasa dalam puisi sulit dipahami? Hari ini Kakak dan Adik mempelajari arti dari puisi “Cerita di Hujan” oleh Rangga Oditama. Apa saja jenis puisi modern, dan apa makna kata kiasan dalam puisi? Kakak dan Adik lalu bermain di hutan, di mana mereka membahas tentang tinggi pohon yang bisa mencapai 30 meter. Dari bayangan pohon, mereka melakukan pengukuran sudut bayangan serta memahami penggunaan penggaris busur derajat.

SD Kelas 5

Kak Angga mengajak kamu mengenal lebih jauh tentang kenampakan alam daratan melalui sebuah pantun. Dari situ, kamu akan belajar lebih jauh tentang pantun dan juga bahasa kiasan. Selain mendalami tentang imbuhan, kamu juga akan mengeksplorasi data yang berkaitan dengan gunung berapi, kemudian menyajikannya dalam bentuk diagram batang.

SD Kelas 6

Riska hari ini senang sekali, karena ingin mengunjungi tante di Radio. Begitu Tante Emi telah selesai siaran dengan Mba Dewi, Tante Emi langsung memperkenalkan Riska ke penulis favoritnya. Tahu Riska adalah penggemarnya, Mba Dewi ingin menceritakan sedikit buku yang baru ditulisnya. Animasi sederhana mewarnai imajinasi Riska.

Dengan catatan, bahwa jadwal ini dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button