Tips, Trik, dan Tutorial

Simak! Tips Menentukan Ukuran TV yang Tepat Dalam Sebuah Ruangan

CIANJURTODAY.COM – Keberadaan TV di rumah menjadi hal yang penting, sebab menjadi sarana hiburan bagi keluarga. Lalu, bagaimana cara menentukan ukuran TV yang tepat untuk disimpan di sebuah ruangan? Cek tips mudahnya di sini!

Selain sebagai sarana hiburan, TV juga sangat penting untuk mendapat informasi aktual di seluruh dunia.

Televisi sangat umum berada di ruang tamu, kamar tidur, hotel, rumah sakit, kantor, dan berbagai tempat lainnya.

Supaya kita bisa menikmati televisi secara optimal, maka perlu ukuran yang sesuai dengan ruangan di mana TV tersebut akan terpasang.

Sebuah TV ukuran 14 inci tentu saja tidak sesuai jika terpasang di ruang pertemuan yang luas.

Pada dasarnya ada dua hal yang perlu Anda pikirkan jika ingin membeli sebuah TV, yaitu budget dan ukuran ruangan.

Jangan lupakan bagaimana Anda akan mengatur letak TV di dinding dengan tinggi yang ideal jika Anda berpikir jauh soal ukuran ruangan.

Sebab, hal itu sangat berpengaruh pada kenyamanan, terutama jarak aman menonton TV yang nyaman bagi mata kita.

Jika budget tidak jadi masalah, maka pemilihan TV harus berdasarkan pada luas ruangan di mana TV tersebut akan Anda gunakan.

Untuk itu harus tahu jarak pandang dan ukuran optimal layar TV yang akan Anda beli karena, jarak pandang mempengaruhi kualitas gambar yang dilihat mata dan tingkat kelelahan mata.

Tips Memilih Ukuran TV yang Tepat untuk Sebuah Ruangan

Untuk menentukan ukuran TV yang tepat sesuai dengan ruangan yang Anda inginkan maka ikuti rumus berikut ini:

Ukuran TV = 1/3 Jarak Pandang dari Layar

Apabila Anda memperkirakan duduk sekitar tiga meter dari TV (kira-kira 118 inci) maka ukuran TV yang paling optimal adalah 118/3 = 39,33 inci.

Nah, TV LED Samsung 32 inci bisa jadi referensi yang pas, atau mungkin smart TV murah kisaran harga satu jutaan dengan ukuran sampai 40 inci untuk jarak tersebut.

Cara lain untuk memilih TV berdasarkan ruangan adalah fungsi ruangan tersebut. Jika ruangan tersebut adalah ruangan yang cukup luas dan sering digunakan oleh banyak orang.

Maka, jangan membeli TV yang terlalu besar sebab akan mengganggu aktivitas. Tetapi juga jangan terlalu kecil karena akan menyebabkan sakit mata bagi yang melihat dari baris paling belakang.

Ada banyak pilihan untuk ukuran TV berkisar 32 sampai 40 inci, mulai dari TV LED Sharp murah, TV UHD terbaik, sampai TV LED terbaik.

Anda juga bisa memilih TV Samsung terbaru atau TV 4k terbaru Sony, dan juga TV LED LG. Mesti ingat, semuanya harus tetap sesuai dengan luas ruang yang Anda punya.

Luas ruangan tertentu membutuhkan sudut pandang televisi yang berbeda. Hal ini karena tingkat akurasi dan kontras gambar bisa saja berkurang jika terlihat dari samping.

Hal ini akan mempengaruhi jenis TV yang hendak Anda beli, apakah flat atau curved.

Tips Memilih Ukuran TV yang Tepat untuk Sebuah Ruangan

TV untuk Ruang Keluarga

Tentu saja ruang keluarga ialah untuk tempat berkumpulnya keluarga dalam suasana santai sambil menikmati berbagai tontonan.

Ruang keluarga biasanya cukup besar, oleh karena itu mulailah memilih TV dari ukuran minimal 40 inci dengan asumsi jarak pandang ke TV adalah tiga meter atau lebih.

Ukuran TV yang besar tentu lebih disukai oleh anggota keluarga. Karena selain bisa menampilkan tontonan lebih dramatis, tentu juga bisa dilihat dengan jelas dari posisi paling jauh.

Oleh karena itu, ukuran TV di atas 40 inci adalah pilihan yang terbaik, terutama untuk ukuran 46-50 inci.

Anda juga bisa memilih TV yang mempunyai bezel tipis, jadi tidak terlalu mengganggu saat ada yang menonton dari sisi kiri dan kanan televisi.

Untuk Anda yang sudah mempunyai TV LED, ada baiknya mempelajari cara mudah mengubah TV LED menjadi smart TV.

Lebih baik tidak membeli TV dengan desain lengkung atau curved TV. Karena akan menyempitkan sudut pandang layar menjadikan TV tidak bisa dinikmati dengan sempurna dari sisi kanan dan kiri.

TV dengan resolusi UHD atau 4K adalah pilihan terbaik untuk ruang keluarga supaya bisa menikmati hiburannya dengan gambar yang mengagumkan.

TV untuk Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat paling privat dari rumah dan hanya keluarga inti saja yang memakainya.

Oleh sebab itu, tak ada salahnya memilih TV dengan nuansa yang sedikit mewah, curved TV menjadi pilihan utama.

Curved TV yang bernuansa mewah dengan ukuran standar, 40-50 inci bisa menjadi pilihan.

Curved TV cocok untuk di kamar tidur, karena posisi Anda menonton adalah persis menghadap TV dan televisi hanya dinikmati secara pribadi atau 1-4 orang anggota keluarga.

Jangan lupa juga memilih TV dengan resolusi 4K dan jika punya budget lebih, layar dengan teknologi OLED lebih bagus daripada teknologi LED.

Tips Memilih Ukuran TV yang Tepat untuk Sebuah Ruangan

TV untuk Ruang Kantor

Sebuah kantor tentu saja membutuhkan TV, selain sebagai sarana melepas stres kerja, televisi juga bisa menjadi monitor untuk sebuah presentasi.

Sehingga, ruang kantor tentu memerlukan sebuah televisi yang berukuran besar, atau lebih besar lebih bagus.

Tentunya sebagai sarana untuk melepas stres kerja, juga bisa dipakai sebagai monitor untuk sebuah presentasi.

Jika letaknya di ruang pertemuan, sebuah televisi dengan ukuran 75 inci atau yang lebih besar tentunya sangat berguna.

Membeli FullHD TV atau UHD TV adalah pilihan yang lebih menarik.

Jika kantor Anda membutuhkan TV sebagai hiburan atau monitor antrean untuk para konsumen yang mengantre, TV dengan ukuran 30-50 inci adalah yang paling pas.

Karena bisa digantung di sudut ruangan jadi semua konsumen bisa melihatnya. Untuk kebutuhan ini jangan memilih curved TV yang mempunyai sudut pandang terbatas.

TV untuk Rumah Sakit

Untuk kebutuhan RS, khususnya ruangan pasien, TV dengan ukuran yang standar yakni 40 inci sudah cukup memadai.

Selain tidak akan mengganggu aktivitas, Televisi tersebut bisa digantung sehingga mata pasien yang terbaring bisa lebih nyaman melihatnya.

Jenis TV bisa juga disesuaikan dengan kelas perawatan pasien. Ruangan kelas tiga yang banyak pasien dalam satu ruangan, maka bisa pilih TV LCD yang sedikit lebih besar agar semua pasien bisa melihat dengan nyaman.

Untuk kelas satu dan dua, ukuran dan kualitas standar bisa ANda pilih, sementara ruangan VIP dan VVIP tentu membutuhkan TV yang bernuansa mewah.

Oleh sebab itu, sebuah TV yang berbezel tipis atau dengan desain lengkung bisa jadi pilihannya.

Tidak lupa, pilih curved TV dengan kualitas gambar 4K dengan sound bar atau sebuah Smart TV.

Nah, itu dia tips menentukan ukuran TV yang tepat untuk sebuah ruangan. Semoga bermanfaat, ya.(ct7/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button