Today

Sisa Tanah Longsor di Desa Sukawangi Warungkondang Dibersihkan

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Petugas gabungan membersihkan material tanah longsor di Kampung Cisalak Girang, Desa Sukawangi, Kecamatan Warungkondang, Kabupaten Cianjur pada Minggu (13/6/2021).

Ini dilakukan agar jalan penghubung antara Kecamatan Warungkondang dan Kecamatan Cugenang bisa kembali dilalui kendaraan setelah sempat terhalang material tanah.

Sebelumnya, peristiwa ini terjadi pada Sabtu (12/6/2021) malam saat kondisi cuaca hujan besar disertai angin kencang melanda wilayah tersebut. Penyebab longsor diduga akibat sawah tak dapat menahan air dan angin yang cukup besar.

Akibat bencana ini tercatat dua rumah warga Desa Sukajaya dan jalan terkena material tanah. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

Kepala Desa Sukawangi, Ahmad Dedi Suharyadi mengatakan, pembersihan tidak dapat dilakukan dengan alat seadanya. Maka dari itu, alat berat pun diturunkan.

“Susah sekali untuk proses pembersihan oleh masyarakat hanya dengan alat-alat seadanya, seperti cangkul, garpu besar, dan lainnya,” ujarnya kepada Cianjur Today, Minggu (13/6/2021).

Ia menambahkan, satu unit eskavator dan satu unit truk digunakan untuk mempercepat pembersihan sisa longsor di Desa Sukawangi Kecamatan Warungkondang.

Petugas gabungan berasal dari Dinas PUPR, BPBD, Forkomincam, TNI, Polri, dan lainnya.

Sementara itu Sekretaris BPBD Kabupaten Cianjur, Moch Irfan mengimbau masyarakat agar selalu waspada dalam menghadapi bencana. Masyarakat harus cepat tanggap untuk melaporkan setiap potensi terjadinya bencana di daerahnya.

“Masyarakat lebih tanggap dalam berkoordinasi dengan instansi setempat dan Retana di setiap kewilayahan, agar menimalisir segala kemungkinan dampak dari bencana,” tutupnya.(ct10/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button