Today

SLB Bina Asih Cianjur Mulai Buka PPDB 2021

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – SLB ABC Bina Asih Cianjur kini sudah mulai membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2021/2022.

Sebagai sekolah khusus bagi siswa difabel, SLB Bina Asih mengaku tak mengalami banyak kesulitan untuk mempersiapkan sekolah tatap muka.

Sebab semuanya sudah berjalan sesuai aturan yang ada, termasuk gencar menerapkan protokol kesehatan.

“Para siswa juga nanti dilihat dulu kondisi kesehatannya. Sejauh ini mereka juga tidak sulit dikondisikan, mereka juga sering bertanya kenapa tidak sekolah, kami pengajar tinggal memberi tahu dan mereka akan mengerti,” jelas Pengajar dan Administrasi SLB Bina Asih, Hamidah kepada Cianjur Today, Kamis (10/6/2021).

Hamidah melanjutkan, dalam proses PPDB, SLB Bina Asih tidak menentukan batas waktu pendaftaran. Calon peserta bisa mendaftar kapan saja sesuai waktu dan jenjang kelas yang akan diatur sekolah.

PPDB SLB Bina Asih Mulai Buka

“Pendaftaran kan memang untuk SLB. Jadi terbuka kapan saja, kami juga tidak ada batasan siswa karena siswanya juga tidak terlalu banyak,” paparnya.

Di SLB Bina Asih ini terbagi jadi dua sekolah, AB untuk tuna rungu dan tuna netra. Sementara C untuk tuna Grahita.

Adapun hal lainnya, Hamidah menuturkan, mungkin akan ada beberapa hal yang dilakukan dalam pelaksanaan sekolah tatap mukanya nanti. Salah satunya adalah perubahan kurikulum.

“Mungkin akan ada perubahan kurikulum, karena ini masih percobaan. Kami masih melihat situasi dan kondisi sekolah serta kesiapan siswa melakukan PTM,” tuturnya.

Saat ini, lanjut Hamidah, ada sekitar 68 siswa SLB ABC Bina Asih yang terdiri dari semua jenjang dan tenaga pengajar sekitar 18 orang.

Menurut Hamidah, jumlah siswa per kelasnya juga tak banyak seperti sekolah umum, hanya berkisar tiga sampai 10 anak.

Saat dikunjungi oleh Tim Cianjur Today, mereka tengah mempersiapkan perlombaan tingkat Kabupaten khusus SLB yang akan diselenggarakan pada 9 Juni mendatang.

Terlihat beberapa siswa tengah berlatih mulai dari melukis, menyanyi, hingga seni pantomim.

“Selain bidang akademik, para siswa juga diajarkan banyak keterampilan. Kami juga menyiapkan lirik dalam tulisan braille untuk siswa tuna netra,” papar Hamidah.

Adapun persyaratan untuk PPDB, lanjutnya, sama seperti sekolah lainnya. Menyertakan Kartu Keluarga, akta kelahiran, uang bangunan, pas foto, dan surat keterangan ketunaannya dari dokter.

“Proses pendaftaran juga bisa dilakukan secara online maupun offline ke lokasi sekolah di Jalan Suryakencana No.11 Sawahgede Cianjur,” pungkas Hamidah.(ega/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button