Pendidikan

SMP di Cianjur Ini Targetkan Muridnya Hapal Alquran dan Hadis Setelah Lulus

CIANJURTODAY.COM, Bojongpicung – SMP Hasanah Adawiyah Cianjur memiliki program Hafiz Quran dan Hadis Nabi Muhammad SAW. Siswa di sekolah yang terletak di Kampung Sindangjaya RT 04/02, Desa Cikondang, Kecamatan Bojongpicung ini setiap tahunnya wajib hafiz Quran 2 Juz dan hafiz 30 hadis berikut sanad dan rowinya.

Kepala SMP Hasanah Adawiyah, Anton Budiman P, menjelaskan, sekolah berbasis Alquran dan hadis ini baru tahun sekarang didirikan. Di tahun pertama penerimaan siswa baru, sudah ada 25 peserta didik yang berasal dari berbagai daerah. Seperti Kecamatan Bojongpicung, Kota Cimahi, Kota Bandung, Cigondewah, Sukanagara, Sukabumi, dan daerah lainnya.

“Memiliki moto Generasi Qurani Berkarakter Islam Cerdas Cendekia,” kata Anton, Sabtu (21/12/2019).

Anton menambahkan, meskipun baru beberapa bulan melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), pihaknya sudah bangga dan bersyukur. Sebab seluruh murid SMP Hasanah Adawiyah sudah hafiz Quran 1 sampai 2 Juz. Selain itu dan hafiz Hadis masing-masing 15 sampai 20, lengkap dengan sanad dan rowinya.

“Nantinya seluruh murid SMP Hasanah Dawiyah selama 3 tahun akan mampu hafiz Quran minimal sebanyak 3 – 5 Juz dan 100 hadis Nabi Muhammad SAW,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang sisw Kelas VIIi SMP Hasanah Adawiyah, Siti Nur Ajijah, bersyukur bisa belajar di sana. Baru semester pertama ia sudah mampu hafiz Quran 1 Juz dan 26 hadis nabi, lengkap dengan sanad dan rawinya.

“Target bila keluar dari SMP nanti akan hafiz quran minimal sebanyak 5 Juz dan hafiz hadis minimal 100,” tandasnya.(ct5)

Kontributor: Apip Samlawi

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button