Today

Soal Pemekaran Cipanas, DPRD: Harus Melibatkan Dewan Baru

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Cianjur menerima kunjungan dari perwakilan Daerah Otonomi Baru (DOB) Cipanas, Selasa (10/9/2019). Kunjungan tersebut membahas tentang pemekaran Cipanas atau Cianjur Utara yang rencananya akan dipercepat.

Ketua DPRD Kabupaten Cianjur, Ganjar Ramadhan, mengatakan perwakilan DOB Cipanas meminta pemekaran Cianjur Utara dipercepat. Namun, menurutnya hal tersebut membutuhkan sejumlah proses .

“Tadi ada kunjungan dari DOB Cipanas, pada intinya dia mau percepatan untuk pemekaran Cianjur Utara. Tapi memang kalau pun sudah dia dibentuk panitia khusus (pansus) kayak kemarin, tapi ada prorsesnya dan nanti akan diparipurnakan,” tuturnya kepada wartawan.

Ganjar mengungkapkan, proses pemekaran Cianjur Utara tersebut perlu melibatkan anggota dewan yang baru. Selain itu, diperlukan juga persetujuan dari semua fraksi.

“Kita juga harus melibatkan dewan baru, kalau kemarin dewan lama memang prosesnya sudah sejak lama. Selain itu, memang harus ada persetujuan dari fraksi-fraksi, dan mungkin tidak hanya untuk DPRD putusannya itu ada di eksekutif,” ujarnya.

Setelah adanya kunjungan tersebut, lanjut Ganjar, diharapkan pembahasan mengenai pemekaran Cianjur Utara ini akan kembali dibahas bersama berbagai fraksi.

“Insya Allah setelah ada kunjungan ini akan ada bahasan di dewan dari berbagai fraksi,” ucap dia.

Gerindra Mendukung

Sementara itu, Ketua Fraksi Gerindra, Prasetyo mendukung pemekaran Cianjur Utara. Namun, menurutnya harus ada persetujuan dari sejumlah pihak terkait.

“Terkait DOB, fraksi Gerindra mendukung. Namun, butuh persetujuan bersama khususnya di DPRD juga butuh dukungan dari fraksi lain. Juga harus ada kemauan politic will bupati kemudian DPRD Provinsi, Gubernur, serta Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri),” tuturnya.

Prasetyo mengatakan, fraksinya membutuhkan kajian mengenai syarat menjadi DOB. Setelah kajian tersebut diterima, pihaknya akan langsung bergerak.

“Gerindra juga membutuhkan kajian untuk persyaratan untuk Cianjur Utara menjadi DOB. Kita tunggu kajian, mudah-mudahan setelah kajian diterima, kami langsung bergerak dengan anggota lainnya untuk jadikan Cianjur Utara DOB,” katanya.

Pansus untuk membahas pemekaran Cianjur Utara ini sudah dibentuk sejak tahun 2009. Namun, Prasetyo belum melihat hasil pembentukan pansus tersebut.

“Pansus dibentuk di tahun 2009 tapi saya belum liat hasil pansusnya. Tapi, kalau sekiranya kurang, kita mungkin khususnya partai Gerindra akan menjadi partai terdepan untuk memperjuangkan DOB.”pungkasnya.(ct1)

Reporter : Afsal Muhammad
Editor : M Reza Fauzie

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker