Today

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Tjetjep Muchtar Soleh Kunjungi STIE Tridharma

CIANJURTODAY.COM, Pacet – Anggota MPR RI, Drs H Tjetjep Muchtar Soleh MM menegaskan, substansi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI merupakan semangat yang sudah tertanam lama dalam jiwa bangsa.

Hal tersebut disampaikan Tjetjep dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI kepada puluhan mahasiswa STIE Tridharma di Wisma Sinar Kasih Desa Cipendawa, Kecamatan Pacet.

Selain sosialisasi, Tjetjep Muchtar Soleh juga menyerahkan beberapa paket buku kepada seluruh peserta. Buku tersebut sebagai panduan untuk menambah nilai-nilai pilar kebangsaan, khususnya bagi generasi muda Cianjur.

Dengan begitu, lanjutnya, masyarakat yang hadir pada acara tersebut bisa menyosialisasikan ulang kepada keluarga atau lingkungan sekitarnya.

“Sosialisasi empat pilar kebangsaan di daerah pemilihan anggota MPR adalah manifestasi tanggung jawab MPR untuk membangun daerahnya,” ujar Tjetjep kepada Cianjur Today, Selasa (8/6/2021).

Menurutnya, nilai-nilai luhur bangsa ini tertuang dalam empat pilar kebangsaan yang meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhineka Tunggal Ika.

“Substansi Empat Pilar Kebangsaan MPR RI ini bukan sesuatu yang baru, tetapi merupakan semangat yang sudah tertanam lama dalam jiwa bangsa,” tuturnya.

Menurutnya, sebagai manifestasi adanya rasa kebangsaan yang telah hidup dalam struktur dan kultur masyarakat Indonesia. Jadi, upaya selanjutnya adalah kemauan untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai Empat Pilar Kebangsaan MPR RI secara konsisten.

“Semoga dengan adanya sosialisasi seperti ini, mampu menumbuhkan komitmen yang kuat bagi seluruh komponen bangsa,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, pemahaman empat pilar kebangsaan harus terus tertanam dalam kehidupan bermasyarakat, terutama dalam kehidupan sehari-hari.

“Perbedaan atau kemajemukan bangsa Indonesia adalah sebuah keniscayaan, bahkan di Cianjur juga banyak perbedaan. Hanya saja kita harus mampu menyikapinya dengan bijaksana dan tetap menjaga kesatuan dan persatuan bangsa,” tambahnya.

Selain itu, Tjetjep juga menuturkan, silaturahmi dan konsolidasi seperti ini akan senantiasa rutin dilaksanakan. Sehingga gerakan berkontribusi terhadap pembangunan akan terus terlaksana dengan baik.

Sementara itu, Managemen STIE Tridharma, Supriyadi MM menyambut baik dengan adanya sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan bagi para mahasiswa.

“Pengalaman yang beliau berikan, bisa memberikan inspirasi pada mahasiswa, agar mampu dan siap merintis dari bawah sampai posisi hari ini,” paparnya.

Menurutnya, melalui sosialiasi empat pilar kebangsaan ini, dapat membuat mahasiswa bisa memahami kekuatan dan inti pancasila warisan dari Presiden Soekarno.

“Melalui UUD 1945, bagaimana kita bisa merdeka hak segala bangsa dan membebaskan bangsa dari kemiskinan serta memajukan pendidikan utama,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button