Pendidikan

SPP SMA, SMK, dan SLB Negeri Gratis di Tahun Ajaran Baru

CIANJURTODAY.COM – Iuran SPP SMA, SMK, dan SLB negeri di Jawa Barat gratis di tahun ajaran baru. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mengumumkan adanya program tersebut dalam akun Instagramnya @ridwankamil.

“Sekolah gratis mulai tahun ajaran baru Juli 2020 ini, kabar Gembira untuk para orang tua siswa SMA/SMK/SLB. Sekolah-sekolah ini sesuai kewenangan Provinsi,” tulis Ridwan Kamil dalam akun instagramnya, Rabu 10 Juni 2020.

Menurutnya, Pemerintah Provinsi Jabar telah menganggarkan dana sekitar Rp.1,4 triliyun untuk SPP gratis. Sedangkan bagi siswa sekolah swasta dan MA, juga akan dibantu diringankan namun tidak secara full. Setiap siswa akan dijatahi Rp. 550 ribu per tahun.

Kemudian bagi siswa tidak mampu, namun harus bersekolah di swasta karena tidak masuk negeri, akan dibantu biaya SPP nya secara full oleh Pemerintah Provinsi Jabar, “Dan atas nama Sila ke-5 (Pancasila), siswa tidak mampu yang bersekolah di swasta akan diberi bantuan penuh,” tulisnya.

Saat ini data Pemerintah Provinsi Jabar mencatat jumlah SMA Negeri saat ini ada sebanyak 507 sekolah dengan 456.319 siswa. SMK Negeri 287 sekolah dengan 298.212 siswa dan SLB Negeri 39 sekolah dengan 4.481 siswa.

Menurutnya bantuan ini akan tetap berjalan, meski saat ini ekonomi tengah terhambat akibat dari Covid-19. “Walau ekonomi jatuh oleh covid, namun Pemprov Jabar sesuai komitmen tetap menganggarkan 1,42 Trilyun untuk sekolah gratis berupa pembebasan biaya Iuran Bulan Peserta Didik (IBPD) atau dulu disebut SPP,” tandasnya.(ega/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button