Today

Stok Sedikit, Harga Tomat di PIC dan Pasar Cipanas Melonjak Naik

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Harga tomat di Pasar Induk Cianjur (PIC) dan Pasar Cipanas tengah melonjak naik. Terpantau, saat ini harga tomat berkisar Rp15-18 ribu per kilogram dari sebelumnya hanya Rp6 ribu.

Kepala UPTD Pasar Induk Cianjur, Doni mengatakan, mengenai harga bahan pokok terutama sayuran dan yang lainnya di PIC relatif masih stabil.

“Hanya saja, harga sayuran tomat masih bertahan di angka Rp15 ribu per kilogram,” ujarnya kepada Cianjur Today, Kamis (19/8/2021).

Doni mengungkapkan, biasanya harga standar tomat di PIC hanya Rp10 ribu per kilogram. Namun, di awal Agustus ini mengalami lonjakan kenaikan harga hingga pernah mencapai harga Rp18 ribu per kilogram.

“Kemarin sempat naik Rp18 ribu, sekarang turun lagi 15 ribu. Penyebab kenaikannya karena stok kurang dan untuk Cianjur biasanya pasokannya dari Pasar Caringin Bandung,” ungkap dia.

Hal serupa diucapkan Kasubag Pasar Cipanas, Iman Rohiman. Ia menjelaskan, harga tomat masih di harga Rp15 ribu per kilogram.

“Iya sedang melonjak, karena kekurangan stok,” singkat dia.

Sementara itu, salah seorang pedagang tomat di PIC, Hendar (35) mengungkapkan, harga tomat saat ini memang ada kenaikan harga. Dari awalnya di bawah Rp10 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram.

“Sebelum kenaikan paling mahal hanya Rp6 ribu kalau untuk tomat. Sekarang malah naik, karena stoknya yang sedikit,” ungkapnya.

Akibat naiknya harga tomat, lanjutnya, pembeli menjadi turun hingga 80 persen dibanding sebelum ada kenaikan harga.

“Naiknya sudah sekitar empat bulan yang lalu. Stoknya juga susah. Untuk pembeli juga sekarang jarang yang beli tomat,” tutup dia.(afs/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button