Today

Subsidi Gaji 1,2 Juta Cair, Karyawan di Cianjur Ini Pilih Jaga-jaga

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Subsidi gaji Rp 1,2 juta untuk dua bulan bagi karyawan di Cianjur peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan upah di bawah Rp5 juta sudah cair. Masing-masing penerima akan mendapatkan bantuan Rp2,4 juta, dengan rincian Rp 600 ribu per bulan yang dicairkan dua bulan sekali.

Sebagian besar karyawan di Cianjur telah mendapatkan uang tersebut. Mereka pun merasa senang dan bersyukur. Salah satu karyawan pabrik industri makanan di Cianjur, Wandi, mengatakan sejak 27 Agustus 2020 uang sudah ia dapatkan. Pencarian masih berlangsung secara bertahap di tempat kerjanya.

“Saya udah cair pake rekening Bank Mandiri dan masih ada yang belum juga. Mungkin karena banyak (karyawan) jadi pencairannya bertahap,” ujarnya kepada Cianjur Today, Senin (31/08/2020).

Bantuan subsidi gaji di Cianjur yang cair sebesar Rp 1,2 juta itu membantunya untuk kebutuhan sehari-hari. Wandi bersyukur mendapat uang tambahan untuk membuat dapurnya tetap menyala.

Bukan hanya itu, uang subsidi ini juga menjadi bantuan bagi banyak karyawan yang dirumahkan. Dengan pemberian gaji yang tidak sepenuhnya oleh tempat kerja, sehingga dengan uang ini dapat membantu mereka.

“Kan para pekerja juga masih ada sebagian yang off (dirumahkan). Jadi, gaji juga meraka nggak full, dengan bantuan ini lumayan jadi kebantu,” tambahnya.

Senada dengan Ela, salah satu karyawan pabrik sepatu di Cianjur. Ia menerima uang bantuan tersebut pada 28 Agustus 2020. Pencairannya pun masih bertahap yang disesuaikan dengan nomor absen saat masuk bekerja.

“Di sini belum semua dapat (uang subsidi), ada yang udah ada yang belum. Pencairannya berlangsung sejak tanggal 28 Agustus lalu, dan katanya sekali lagi nanti oktober.” katanya.

Ia pun merasa bersyukur mendapatkan bantuan uang subsidi sebesar 1,2 juta. Rencananya uang tersebut akan ia simpan terlebih dahulu untuk keperluan yang tidak dikira. Terlebih ia akui masih ada rasa khawatir adanya pemutusan kerja di masa pandemi Covid-19 saat ini.

“Alhamdulillah sangat bersyukur. Untuk sementara uangnya untuk jaga-jaga dulu, karena kan sekarang kondisi belum normal. Takutnya ada pemutusan kerja atau semacamnya,” tambahnya.

Hari Ini Terakhir Serahkan Rekening Karyawan

Sementara itu, perusahaan diminta segera menyerahkan nomor rekening karyawan yang akan menerima bantuan subsidi gaji dari pemerintah. Direktur Utama (Dirut) BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, menyatakan, pihaknya menunggu perusahaan menyerahkan data nomor rekening tersebut hingga 31 Agustus ini.

“Terkait dengan proses validasi yang cukup detail ini, kami minta kepada perusahaan untuk segera. Baik yang belum mengirimkan maupun yang melakukan konfirmasi ulang agar mengirimkan kepada kami paling lambat tanggal 31 Agustus 2020.” tuturnya seperti diberitakan Kompas.com

Gelombang pencairan berikutnya akan dilakukan secara bertahap, sehingga semua rekening yang telah tervalidasi bisa menerima haknya. BP Jamsostek memang melakukan validasi berlapis agar bantuan subsidi gaji tersebut tepat sasaran.

“Kami melakukan validasi berlapis sebanyak tiga tahap,” tandasnya.(ct4/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button