WEEKEND LIST

Suguhkan Keindahan Alam, Wisata Curug Cibeet Cipanas Terbengkalai

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Curug Cibeet bisa menjadi pilihan tempat wisata alam di Kecamatan Cipanas Kabupaten Cianjur. Namun sayang, air terjun nan indah itu belum tertata alias terbengkalai.

Lokasinya berada di Jalan Puncak 2, Kampung Cidaweng Arca, RT 04/RW 09, Ds. Batulawang, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur. Tempat ini menyuguhkan pemandangan alam yang sangat indah.

Pengelola sekaligus pengurus Curug Cibeet, Ano, mengatakan air terjun ini sudah dua tahun dibiarkan terbengkalai. Hal itu karena tidak ada biaya untuk operasional.

“Air terjun ini sangan bagus pemandangannya. Banyak pepohonan alami dan airnya pun jernih langsung dari sumber mata air di atas pegunungan,” ujarnya kepada Cianjur Today, Selasa (11/2/2020).

Ano mengatakan, belum ada dana untuk memenuhi kebutuhan dan perawatan. Selain itu akses jalan pun belum sepenuhnya memadai. Kondisi jalan masih tanah yang bila hujan akan licin dan sulit dijangkau kendaraan dan pejalan kaki sekalipun.

Ano juga bercerita, di sebelah Curug Cibeet ada juga Curug Cibanteng yang berada di antara Bogor dan Cianjur. Ia menilai, keduanya berpotensi ramai pengunjung bila dikelola dengan baik.

“Sementara ini Curug Cibeet sepi pengunjung. Bukan sepi lagi melainkan tidak ada pengunjung, marena belum terkelola dan dibiarkan terbengkalai sementara,” jelasnya.

Ano yang juga perangkat Desa Batulawang ini berharap, ada dana untuk mengaktifkan wisata air terjun ini. Pihaknya ingin menjadikan air terjun Cibeet Cipanas sebagai wisata Islami dan mengarah ke penghijauan alam sekitar.

“Dari pihak desa pun itu sudah menjadi agenda ke depannya. Mudah-mudahan saja ada anggaranya dan cukup. Selain itu pihak kecamatan pun sudah mulai mendata wilayah atau kampung yang berpotesial menjadi objek wisata,” tandasnya.(ct6/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker