Today

Suka dan Duka Mahasiswa Cianjur Kuliah Online di Rumah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur telah memberlakukan belajar atau kuliah online selama 14 hari bagi para mahasiswa. Hal itu dilakukan untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19 sejak Senin (16/03/2020) sampai Minggu (29/03/2020).

Terhitung hingga saat ini, sudah seminggu para mahasiswa menjalani kuliah online. Mereka pun memiliki suka duka tersendiri terhadap kebijakan itu.

Doa Aulia misalnya, mahasiswi Semester 2 di sebuah akademi di Cianjur. Ia mengaku, kuliah online memang punya suasana belajar yang enak, santai, dan bisa sambil tiduran di rumah. Namun ia mengatakan, belajar di rumah itu kurang jelas.

“Kayak nyari bahan materinya sendiri, terus setiap dikasih tugas itu susah banget. Apalagi sehari itu bisa dua sampai tiga mata kuliah. Itu hampir setiap harinya kayak sibuk dan capek. Kalau gak ngerti sama materi kalau mau nanya harus Video Call dulu harus nelepon dan itu gak jelas.” tuturnya kepada Cianjur Today, Senin (23/03/2020).

Ia pun menjelaskan, berbeda halnya dengan kuliah langsung. Menurutnya kuliah langsung lebih nyaman, meskipun sama-sama sering diberi tugas, namun kuliah langsung kerap memberi tugas kelompok.

Menguras Tenaga

Dalam kuliah online, kebanyakan diberi tugas individu yang menguras tenaga lebih banyak.

“Terus, gak enaknya kuliah online tuh gak dikasih uang jajan full, gak bisa keluar. Sekalinya keluar kemarin itu pas ngerjain tugas. Pada pake masker, gak bebas, gak enak mending masuk kuliah. Lebih enak kuliah langsung, gak suka kuliah online pokoknya,” ungkap dia.

Sementara itu, salah seorang mahasiswa ilmu syariah di Cianjur, AI Rida Siti Ruba’yah mengatakan, menjalani kuliah online memiliki suka duka tersendiri. Salah satunya berkumpul dengan keluarga.

“Sukanya kuliah onlineya bisa lebih lama diem di rumah, ngabisin waktu bareng keluarga. Quality time sama kerabat sama orang tua, ade, kakak, ponakan. Bisa lebih santai, gak perlu jauh-jauh ke kampus, panas-panasan, macet-macetan. Gak ngeluarin uang jajan sama bensin juga kan,” tuturnya.

Selain itu, ia pun menjelaskan, duka saat menjalani kuliah online adalah harus siap dengan data seluler atau koneksi internet yang terus menerus menyala.

“Belum sekarat, dan parahnya kalo mati lampu, baterai HP atau laptop abis jadi ga bisa ikut kelas. Atau sinyal jelek gara-gara hujan. Dan sedihnya jamnya kita istirahat malah di pake buat kuliah, tugasnya numpuk, banyak. Dikira matkul cuma satu kali.” tukasnya.(afs/rez)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker