Today

Sumur Kering, Warga Cibeber Ramai-ramai ke Sungai

CIANJURToday – Warga di tiga desa Kecamatan Cibeber, Kabupaten Cianjur setiap pagi dan sore berduyun-duyun pergi ke sungai untuk keperluan mandi, mencuci, hingga buang air. Semua itu diakukan warga akibat sumur milik mereka di Desa Girimulya, Desa Cibarebeg dan Desa Cimanggu sudah mengering.

Yuli (23) warga Kampung Legok Picung, Desa Girimulya, mengatakan, kesulitan mendapatkan air bersih sudah ia rasakan selama kurang lebih satu bulan lamanya. Dampaknya, warga harus menempuh jarak yang cukup jauh untuk memenuhi kebutuhan MCK.

“Setiap pagi dan sore air sungai dipergunakan untuk keperluan rumah tangga. Soalnya sumur dirumah udah kering,” ucapnya.

Sambung Yuli, untuk memenuhi kebutuhan air di rumahnya, dia juga setiap hari harus memanggul sedikitnya lima galon air isi ulang untuk keperluan cuci dan mandi dalam sehari.

“Lima galon air isi ulang diambil dari sungai untuk keperluan di rumah. Karena kalau malam hari gak mungkin kita ke sungai,” ujarnya.

Dari permasalahan ini, dirinya berharap pemerintah bisa membantu kondisi krisis air bersih yang disebabkan musim kemarau. Dia meminta, pemerintah mau memfasilitasi untuk diadakannya saluran air bersih.

“Semoga pemerintah mau memberikan bantuan air bersih. Mungkin lebih jauhnnya pemerintah bisa mengadakan saluran air yang kemudian disalurkan ke penampungan bak air bersih,” tutupnya.(RIZ)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

One Comment

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker