Today

Sumur Mengering, Warga Haurwangi Antre Ambil Air hingga Berjam-jam

CIANJURTODAY.COM, Haurwangi – Warga Desa Haurwangi dan Desa Sukatani, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur, antre mengambil air bersih hingga berjam-jam. Mereka menempuh jarak hingga 2 KM untuk mengambil air yang ada di pinggir Kali Cinangsi.

Antrean warga yang datang ke sumber air bersih itu tidak hanya untuk mengambil air saja. Ada juga yang mandi, cuci pakian dan perabotan, dan memandikan anak-anak. Bukan tanpa alasan, hal itu dilakukan karena sumur kering di musim kemarau.

Ketua RW 12 Kampung Selakopi, Desa Haurwangi, Didi (45), menjelaskan, ada ratusan keluarga di 4 RT yang datang setiap pagi dan sore. Mereka antre mengambil air bersih yang ada di pinggir Kali Cinangsi.

“Ngambil air bersih dengan menggunakan kompan plastik, jerigen, ember, dan alat seadanya itu harus antre berjam-jam. Saking lamanya tiap jerigen yang isinya 25 liter itu harus nunggu penuh selama 1 jam,” paparnya kepada Cianjur Today, Sabtu (19/9/2020).

Ia juga mengatakan, warga dari Kampung Curwangi, Desa Sukatani pun ikut antre tiap pagi dan sore mengambil air. Ia berharap pemerintah turun tangan membantu masyarakat yang kekurangan air.

“Dengan adanya itu mohon bantuan sumur bor yang airnya mampu untuk digunakan ratusan warga Kampung Selakopi dan sekitarnya,” tambahnya.

Sementara itu, salah seorang warga Kampung Curwangi Desa Sukatani, Yunus (26), menjelaskan, hampir seluruh warga ikut antre pagi dan sore mengambil air menggunakan motor. Banyak pula warga setempat yang jalan kaki memikul atau menjinjing ember. Jarak dari rumah menuju tempat air bersih kurang lebih sejauh 2 KM dan yang paling dekat sejauh 500 meter.

“Itu tiap musim kemarau. Pada musim kemarau sekarang kurang lebih baru dua bulan,” tambahnya.(ct5/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker