PeristiwaToday

Sungai Ciranjang Meluap, Puluhan Rumah Terendam Banjir

CIANJURTODAY.COM, Ciranjang – Puluhan rumah di Kecamatan Bojongpicung dan Ciranjang Kabupaten Cianjur terendam banjir, Senin (16/3/2020) malam. Hal itu disebabkan Sungai Ciranjang yang merupakan perbatasan dua kampung meluap.

Lokasi pertama yang terdampak banjir adalah Kampung Sukamanah, RW 07, Desa Hegarmanah, Kecamatan Bojongpicung. Lokasi kedua Kampung Pasir Angin, RW 13, Desa Nanggalamekar, Kecamatan Ciranjang.

Banjir di Ciranjang dan Bojongpicung ini tidak mengakibatkan korban jiwa. Namun mengakibatkan kerugian material yang belum bisa diprediksi.

Tokoh Pemuda Kampung Sukamanah, Gungun Gumelar (45), menjelaskan, banjir terjadi saat hujan deras mengguyur dari pukul 17.00 WIB sampai dengan pukul 20.00 WIB. Kondisi ini diperparah dengan Sungai Ciranjang yang tersumbat sampah di tiang penyangga jembatan.

“Air tertutup dan meluap ke pemukiman warga, masuk rumah penduduk di dua kampung,” paparnya kepada Cianjur Today, Senin (17/3/2020).

Genangan air di dalam rumah warga mencapai 20 – 30 CM. Sedangkan di pekarangan rumah mencapai paha sampai orang dewasa.

Ketua RT 01/RW 13 Kampung Pasir Angin, Undang (46), menambahkan banjir akibat meluapnya Sungai Ciranjang bukan yang pertama kalinya. Banjir terjadi setiap lima sampai sepuluh tahun sekali.

“Hingga kejadian tersebut tidak asing lagi bagi warga Kampung Pasir Angin dan warga Kampung Sukamanah. Banjir yang sekarang tidak terlalu parah dibanding banjir beberapa tahun yang lalu, karena sudah dibangun TPT,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks