Tips, Trik, dan Tutorial

Tahapan dan Persiapan Medical Check Up (MCU) Saat Tes Kerja

CIANJURTODAY.COM – Kebanyakan orang masih bingung saat hendak melakukan medical check up (MCU) saat tes kerja. Termasuk tentang persiapan dan tahapan pemeriksaan yang akan dilakukan. 

Ini biasanya dilakukan sebagai pemeriksaan dari perusahaan untuk evaluasi kesehatan karyawan. Serta sebagai persyaratan khusus seperti asuransi dan uji saring untuk pekerjaan.

Pemeriksaan ini menjadi salah satu program kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang perlu dilakukan perusahaan. Tujuannya mengetahui kondisi terkini dari kesehatan pekerja atau calon pekerjanya. Hal tersebut penting guna mencegah penyakit atau kecelakaan yang mungkin ditimbulkan akibat bahaya yang muncul di lingkungan kerja.

Tahapan Medical Check Up

Bagi pekerja atau calon pekerja cek ini terdiri atas serangkaian tahapan pemeriksaan. Berikut kami sajikan tahapannya pemeriksaannya;

• Pemeriksaan riwayat kesehatan, d antaranya keluhan yang dialami pasien saat ini dan riwayat penyakit yang pernah dialami.

• Pemeriksaan tanda vital, berupa pemeriksaan frekuensi denyut jantung, frekuensi pernapasan, suhu tubuh, dan tekanan darah pasien.

• Pemeriksaan fisik, dengan menimbang berat badan dan mengukur tinggi badan pasien. Selain itu, pada tahap ini biasanaya dilakukan pula pemeriksaan kepala dan leher, paru-paru, jantung, perut, kulit, dan saraf.

• Pemeriksaan laboratorium, biasanya dilakukan dengan mengambil sampel darah, dan urien.

• Tes buta warna, sering dilakukan oleh beberapa perusahaan dengan diminta untuk menyebutkan angka berwarna yang disisipkan di antara titik-titik warna.

Persiapan Medical Check Up (MCU)

Berikut beberapa tahapan perlu dilakukan pekerja atau calon pekerja sebelum menjalani medical check up.

• Tidur cukup setidaknya 6 – 8 jam di malam harinya sebelum melakukan medical check up. Kurang tidur dapat menyebabkan hasil pengecekan kurang baik terkait tekanan darah, denyut jantung, dan suhu tubuh.

• Puasa selama 8-12 jam sebelum menjalani medical check up. Namun hal ini tergantung jenis pemeriksaan yang dilakukan.

• Bagi pasien yang pernah atau sedang menderita gangguan kesehatan, dianjurkan untuk membawa hasil pemeriksaan sebelumnya atau obat yang dikonsumsi.

Itulah tahapan dan persiapan medical check up yang harus kamu ketahui. Perlu menjadi catatan juga, tahapan pemeriksaan biasanya dilakukan sesuai dengan jenis pekerjaan. (ct4/rez)

Sumber: aldokter

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker