CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Hari Jadi Cianjur (HJC) ke-343 kini berbeda dari tahun sebelumnya. Perhelatan dan acara yang megah dan ramai kini harus dihentikan karena pandemi Covid-19 yang belum juga berakhir.

Asda I Kabupaten Cianjur, Asep Suparman, mengatakan, saat ini tidak ada perhelatan yang memancing keramaian di HJC ke-343. Ia pun menyebut akan ada skenario alternatif dalam merayakannya.

“Kalau dulu kan helaran dan rangkaian untuk hari jadi Cianjur. Tapi karena memang situasi pandemik sehingga ada pembatasan yang memungkinkan kita ada skenario lain. Rangkaian diawali dengan salat subuh berjamaah, tetap dengan protokol kesehatan. Memimpin doa dan lain sebagainya,” katanya kepada wartawan, Kamis (09/07/2020).

Gelaran doa bersama dan ziarah ke Makam Dalem Cikundul telah dilaksanakan, Jumat (10/07/2020) pagi tadi. Ia menyebut agenda selanjutnya ialah upacara peringatan Hari Jadi Cianjur ke-343 yang akan digelar secara virtual yang akan digelar, Minggu (12/07/2020).

“Hari Minggu, upacara tapi virtual, para kadis mengikuti upcara secara virtual. Sentralnya di Pendopo dan peserta hanya Forkopimda.

Pejabat dinas dan eselon melaksanakannya di dinas masing-masing sampai kecamatan jadi gak semua. Ruangan yang dimaksimalkan 50 persen dari kapasitas,” jelasnya.

Sampaikan Maaf

Saat ini masyarakat masih melakukan proses pendisiplinan diri dalam menghadapi pandemi Covid-19. Sebab, belum ada rekomendasi dari Kementerian Kesehatan RI bagi Kabupaten Cianjur dalam melaksanakan New Normal atau Adaptasi Kebiasan Baru (AKB). Dalam hal ini ia pun meminta maaf kepada masyarakat Kabupaten Cianjur karena perhelatan HJC tidak semeriah tahun sebelumnya.

“Mohon maaf kepada masyarakat Cianjur tidak ada helaran mudah-mudahan. Saat upacara nanti kita akan menginformasi karena masyarakat sudah ada android kita sosialisasikan virtual.” tukasnya.(afs/rez)