Today

Tak Ada Hujan Tak Ada Angin, Bangunan PAUD di Haurwangi Ambruk

CIANJURTODAY.COM, Haurwangi – Bangunan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Melati 5 di Kampung Kajarkajar, RT 01/RW 05, Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur ambruk. Beruntung tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kurugian material ditaksir hingga ratusan juta rupiah.

Informasi yang dapat dihimpun di lokasi kejadian, bangunan PAUD Melati 5 ambruk pada Sabtu (13/03-2021) sekira pukul 12.20 Wib. Padahal saat kejadian tidak ada angin atau hujan, bangunan ambruk tiba-tiba.

“Gedung dibangun pada 2014 yang dibiayai dari anggaran PNPM. Sering ambruk tanpa adanya penyebab angin atau hujan lebat, melainkan ambruk dengan seketika.”kata Kepala PAUD Melati 5, Lilis Holisoh.

Ketua RW 05 Desa Kertasari, Oman Bahrudin (47), menambahkan, bangunan yang ambruk pada siang hari itu membuat kaget warga sekitar. Suara gemuruh reruntuhan cukup keras. Beruntung saat itu kondisi di dalam kelas sedang kosong, tidak ada Kegiatan Belajar Mengajar (KBM).

“Kejadian ambruknya bangunan PAUD sebanyak satu ruangan belajar. Satu kantor sekarang kondisinya sudah miring hampir ambruk,” ujarnya.

Bangunan PAUD Melati 5 di Desa Kertasari, Kecamatan Haurwangi, Kabupaten Cianjur ambruk. (Foto: Apip Samlawi/Cianjur Today)

Dengan adanya itu, pihaknya berharap pada Pemerintah Desa Kertasari agar bangunan yang masih berdiri untuk segera dibongkar. Sebab, dikhawatirkan ambruk menimpa bangunan rumah milik warga setempat

“Selain itu mohon bangunan tersebut segera dibangun kembali, karena ke depannya supaya siswa bisa belajar lagi di gedung PAUD seperti semula,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Desa Kertasari, Muhamad Rudayat (60), menjelaskan, pihaknya akan segera membongkar puing yang masih berdiri. Pihaknya juga segera membereskan dan mengevakuasi material runtuhan bangunan PAUD yang ambruk.

“Mengenai dibangunnya kembali bangunan itu sebelumnya akan dilakukan dulu musyawarah dengan BPD dan tokoh masyarakat setempat. Supaya dimasukan pada anggaran pembangunan perubahan,” pungkasnya.(asi/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button