BISNIS TODAY

Tak Ikut Digitalisasi, Bisnis Perlahan Akan Mati

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ekonomi digital saat ini sudah merambah ke berbagai jenis usaha di masyarakat. Di Cianjur sendiri, sudah banyak usaha-usaha yang menggunakan berbagai teknologi digital dalam bisnisnya sebagai bentuk digitalisasi ekonomi.

Tentu hal ini akan menjadi perbincangan di kalangan pebisnis UMKM Cianjur. Pasalnya, dengan adanya transaksi digital ini banyak pegiat usaha yang mengalami kenaikan omzet. Namun, ada pula usaha yang malah tergeser karena adanya digitalisasi ekonomi itu sendiri.

Dekan Bidang Kemahasiswaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Suryakancana Cianjur, Herlan Firmansyah, mengatakan digitalisasi ekonomi ini merupakan peralihan bersamaan dengan perkembangan teknologi yang akan terus merambah ke seluruh aspek kehidupan.

“Jadi shifting atau perubahan itu pergeseran model bisnis konvensional ke digital. Dan, terus digitalisasi ini akan merambah ke semua aspek dan akan menjadi ekosistem ekonomi digital,” tuturnya saat diwawancara, Rabu (18/7/2019).

Herlan mengungkapkan, apabila ekosistem telah berubah menjadi digital, maka akan berdampak pada model permintaan dan penawaran. Sebagai contoh, kini banyak restoran di Cianjur yang menyediakan jasa ojek online untuk memasarkan produknya.

“Kalau ekosistem sudah digital semua pasti akan berdampak pada model permintaan dan penawaran. Contoh di Cianjur ada salah satu usaha kuliner, kemarin saya komunikasi dengan pemiliknya. Setelah adanya ojek online di Cianjur, omzet per harinya melonjak tajam. Itu kan ekonomi digital,”

Selain itu, lanjut Herlan, digitalisasi ekonomi pun memiliki dampak negatif, khususnya untuk pelaku usaha yang tidak mengikuti digitalisasi. Pelaku usaha yang tidak mengalami digitalisasi perlahan akan tergeser dan mati oleh perkembangan ekonomi digital.

“Dampak buruknya itu bagi pelaku ekonomi yang tidak siap dengan digitalisasi. Mungkin akan ditinggalkan konsumen. Apabila ada pelaku bisnis yang tidak mau ikut digitalisasi maka perlahan akan tergeser. Perlahan akan mati.” pungkasnya.(ct1)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan