ABOUT DESA

Tampung Lebih Banyak Gisabilitas, Pembangunan Rumah Ceria Repok Diresmikan Muspika Sukaresmi

CIANJURTODAY.COM, Sukaresmi – Pembangunan gedung Rumah Edukasi Pemberdayaan ODGJ Kreatif (Repok) yang bertempat di Kampung Cibadak RT 02/RW 08, Desa Sukamahi, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, diresmikan Muspika Sukaresmi pada Sabtu (6/3/2021).

Pembangunan gedung Rumah Ceria Repok dengan ukuran 10×6 meter tersebut, dibangun di lahan 100 meter yang nantinya akan digunakan untuk menampung para gisabilitas ODGJ yang dianggap sudah pulih. Kemudian akan diberikan penbinaan dan pendidikan keterampilan untuk bekal hidup mereka nantinya.

Ketua Rumah Ceria Repok Sukaresmi, Rosini Amd Kep (41) menjelaskan, dibangunnya gedung Rumah Ceria Repok, tiada lain untuk menampung dan membina para gisabilitas ODGJ yang dianggap sudah pulih.

“Sebelumnya kami baru mampu menampung gisabilitas ODGJ yang dianggap pulih hanya sebanyak 12 orang dan dalam kondisi ngontrak di rumah milik orang lain,” ujar Rosini kepada Cianjur Today, Sabtu (6/3/2021).

Dengan diresmikannya gedung ini, lanjutnya, maka 12 orang gisabilitas ODGJ yang sudah dianggap pulih tersebut, akan segera dipindahkan dan akan ditambah lagi ODGJ lain.

“Karena gedung yang baru diresmikan ini bisa menampung sebanyak 20 orang,” jelasnya.

Seluruh penghuni, lanjutnya, secara rutin akan diberi pendidikan keterampilan kerajinan tangan, seperti membuat sapu lidi, sapu ijuk, kipas dari anyaman bambu (hihid), kemoceng, dan kerajinan tangan lainnya.

“Kami bekerja sama dengan Yayasan Rumah Pulih Jiwa Kecamatan Ciranjang yang khusus bergerak dalam bidang pemulihan ODGJ. Lalu setelah pulih, para gisabilitas tersebut akan ditampung di Rumah Ceria Repok Kecamatan Sukaresmi,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Sukaresmi, Firman Edi SIp (47) menjelaskan, dengan dibangunnya gedung Rumah Ceria Repok, ia sangat senang dan bahagia. Menurutnya, selain sudah mampu menampung 12 orang ODGJ yang dianggap sudah pulih selama satu tahun, kini sudah mampu dengan cepat membangun Rumah Ceria Repok secara mandiri.

“Hal itu menandakan keseriusan pihak pengurus Rumah Ceria Repok Sukaresmi dalam memberikan perhatian pada seluruh gisbilitas ini,” tuturnya.

Ia pun berterima kasih pada empat lembaga desa yang sudah membantu Rumah Ceria Repok, di antaranya Desa Sukamahi, Kubang, Cibanteng, dan Cikancana.

“Semoga program yang bagus ini dapat dilaksanakan dengan eksis sesuai yang diharapkan semua pihak,” tandasnya.(asi/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button