Today

Tanggulangi Longsor, BPBD Cianjur Kerja Sama dengan Puslitbang Geologi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur bekerja sama dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan (Puslitbang) Geologi Kelautan dalam menangani longsor. Sebab, di musim hujan bencana tanah longsor kerap terjadi di sejumlah wilayah Kabupaten Cianjur.

“Kalau ada kejadian bencana longsor, kita bekerja sama dengan Badan Geologi untuk meneliti di lokasi tersebut. Apakah ini berpotensi untuk longsor atau tidak. Nanti hasilnya diberikan kepada masyarakat,” Kepala BPBD Cianjur, Dedi Supriadi, Kamis (25/06/2020).

Ia mengatakan, BPBD Cianjur juga sudah memberi imbauan kepada beberapa pihak dan Relawan Tangguh Bencana (Retana) di berbagai daerah. Hal itu agar warga waspada ketika hujan lebat terjadi.

“Kami sudah memberi imbauan melalui camat dan kades, serta Retana yang sudah tersebar di tiap desa agar menyampaikan informasi kepada masyarakat ketika terjadi hujan yang lebat,” tambahnya.

Menurutnya, jika durasi hujan lebat cukup lama, jangan sampai terlena. Khususnya untuk warga yang berada di daerah tebing yang curam.

“Jadi masyarakat yang memang berada di tebing-tebing. Kan masyarakat Cianjur kebanyakan terutama di daerah itu, membangun rumah itu di tebing yang curam,” tambahnya.(afs/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button