Pendidikan

Tata Cara dan Doa Sholat Idul Adha yang Benar agar Ibadah Sempurna

CIANJURTODAY.COMTata cara dan doa Sholat Idul Adha merupakan rangkaian sholat Idul Adha yang dimulai dari mulai niat, takbiratul ikhram, membaca surat Al-Fatikah,takbir 5  kali diakhiri dengan salam.

Rangkaian salat Idul Adha ini wajib berurutan dan dilakukan secara benar agar ibadahnya syah serta diterima oleh Allah SWT. Salat tersebut hukumnya sunnah mukkadah yang dianjurkan baik laki-laki maupun perempuan meski tidak melaksanakannya.

Hal menarik dari rangkaian tata cara dan doa sholat Idul Adha tidak ada adzan atau iqamah. Kemudian niat serta takbir berbeda dengan salat fardhu dan  dilaksanakan 2 rakaat berjamaah diakhiri dengan kutbah. Jika terlambat datang bisa dilakukan di rumah atau Munfarid.

Tata cara dan doa Sholat Idul Adha

Tata Cara dan Doa Sholat Idul Adha

Ketika melakukan salat Idul Adha terlebih dahulu membaca bismillah dilanjutkan membaca niat  sholat Idul Adha adalah

 “ushallî sunnatan li ‘îdil adlhâ rak’taini”. Jika menjadi imam, niatnya ditambah “imâman” dan jika menjadi makmum, ditambah kata “makmûman”.

Arti niat sholat Idul Adha: “Aku berniat shalat sunnah Idul Adha dua rakaat (menjadi makmum/imam) karena Allah ta’ala.”

Takbiratul Ihram

Langkah berikutnya sesudah niat takbiratul Ihram kemudian dilanjutkan membaca doa iftitah dan takbir kembali sampai  7 kali untuk rakaat pertama. Hal menarik di antara takbir-takbir tersebut dianjurkan membaca doa yang artinya

“Allah Mahabesar dengan segala kebesaran, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak, Mahasuci Allah, baik waktu pagi dan petang.” 

Atau boleh juga membaca:

“Mahasuci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan selain Allah, Allah Mahabesar.”

Membaca Surat al-Fatihah

Selanjutnya membaca Al—Fatihah  terus baca juga surat Al-A’la lanjut ruku’, sujud, duduk di antara dua sujud dan berdiri kembali di rakaat kedua.

Lima Takbir

Pada rakaat kedua dalam tata cara dan doa Idul Adha lakukan takbir sebanyak 5 kali  sambil mengucapkan Allahu Akbar. Sesudah takbir membaca Al-Fatihah dan lanjutkan membaca surat Al-Ghasyiyah terus rukuk,sujud sampai salam

Seusai salam disarankan jamaah tidak pulang dahulu untuk mendengarkan khotbah Idul Adha hingga selesai. Ketika Idul Adha memperbanyak takbir yang berlangsung sejak bakda subuh pada hari tasyriq yakni tanggal 11, 12,13 Dzulhijah, begitu Tata cara dan doa Sholat Idul Adha semoga bermanfaat.(nin)

Artikel Terkait:

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami