Tips, Trik, dan Tutorial

Tata Cara Pendaftaran CPNS 2019 Melalui Sscasn.bkn.go.id

CIANJURTODAY.COM – Bagi anda yang akan mengikuti pendaftaran melalui sscasn.bkn.go.id berikut Cianjur Today ulas tahapannya secara rinci.

Pendaftaran dilakukan pada portal https://sscasn.bkn.go.id dengan mengupload berkas dokumen format yang sudah ditentukan dalam portal SSCASN 2019 dalam bentuk (.jpg/.pdf/.jpeg.png).

Berikut berkas yang diupload: 1. 2. 3. 4. 5. 6. e-KTP/Surat Keterangan Perekaman Penduduk scan asli warna yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Surat Lamaran ditulis tangan dan scan asli warna yang ditujukan kepada Yth. Bapak Bupati Cianjur/Pemerintah Daerah Kabupaten Cianjur bermaterai Rp. 6.000,- dan ditandatangan tinta biru (format terlampir); Ijazah scan dan asli warna.

Jika peserta Tenaga Kesehatan wajib melampirkan STR yang masih aktif sesuai dengan kualifikasi pelamar didalam satu file Ijazah, untuk STR Internship bagi Profesi Dokter tidak berlaku, lampirkan dalam 1(satu) file dengan ijazah format .pdf; 2).

Peserta Tenaga Kesehatan dan Tenaga Teknis melampirkan akreditasi dari Perguruan Tinggi yang terakreditasi oleh BANPT/LAM-PTKes dapat berupa scan asli warna/scan fotocopy/screenshot lampirkan dalam 1(satu) file dengan ijazah format .pdf.

Transkrip Nilai scan asli warna (format .pdf); Pas foto berlatar merah bukan Selfie; untuk peserta Penyandang Disabilitas diwajibkan upload Surat Keterangan scan asli warna dari dokter Rumah Sakit Pemerintah dengan kriteria mampu menganalisa, mengetik, menyampaikan buah pikiran dan berdiskusi serta derajat dan jenis disabilitasnya.

Tata Cara Pendaftaran Melalui sscasn.bkn.go.id

Peserta mengakses https://sscasn.bkn.go.id dan membaca semua persyaratan peraturan dengan detail dan seksama yang ditentukan instansi yang peserta tuju.

Peserta dapat melihat instansi yang membuka penerimaan CPNS tahun 2019 berdasarkan Jabatan atau kualifikasi pendidikan yang sesuai dengan kriteria pelamar didalam portal https://sscasn.bkn.go.id;.

Peserta wajib registrasi dengan menggunakan NIK (Nomor Induk Kependudukan) pada KTP sebagai Username dan Nomor KK (Kartu Keluarga)/ Nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) Kepala Keluarga pada KK (Kartu Keluarga).

Bagi peserta yang sudah memiliki Akun SSCN, pelamar dapat mempergunakannya kembali didalam portal https://sscasn.bkn.go.id.

Peserta hanya mempunyai 1 (satu) akun untuk mendaftar dan pelamar tidak dapat registrasi dengan nomor NIK dan KK yang berbeda.

Di dalam registrasi peserta mengisi biodata dan mengupload Pas Foto berlatar Merah, dalam registrasi peserta sekaligus membuat pendaftaran Akun SSCASN 2019 yang nantinya akan digunakan pada saat Login di portal SSCASN 2019.

Peserta mencetak bukti pendaftaran Akun SSCASN tahun 2019, Peserta Login dalam portal SSCASN 2019, pelamar akan dihadapkan dengan pengisian biodata dan jabatan yang akan di lamar berdasarkan kualifikasi pendidikan pelamar dan jabatan yang ditentukan oleh instansi.

Peserta hanya diperbolehkan memilih 1 (satu) Jabatan dalam 1 (satu) periode penerimaan CPNS Tahun 2019; 11. Peserta wajib mengupload Foto Selfie disertakan dengan memegang KTP/Surat Keterangan perekaman penduduk dan bukti pendaftaran Akun SSCASN 2019 dengan rapih dan sopan dalam bentuk Image.jpg.

Bila pendaftar sudah yakin dengan data yang dikirim, klik Final Resume maka data akan tersimpan di database dan tidak dapat dilakukan perubahan lagi; 13. Peserta tidak dapat merubah biodata dan jabatan yang sudah diisi

Kemudian peserta diwajibkan mengupload kelengkapan administrasi yang sudah ditentukan dalam persyaratan-persyaratan diatas, dan semua dari berkas tersebut adalah ASLI dan dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya.

Jika berkas yang diupload peserta tidak sesuai dengan syarat jabatan maka panitia berhak mendiskualifikasi peserta. Setelah peserta mengupload berkas, peserta akan mendapatkan tanda bukti pendaftaraan SSCASN Tahun 2019 yang langsung dicetak dari https://sscasn.bkn.go.id.

Peserta menunggu informasi yang akan diumumkan selanjutnya dari https://sscasn.bkn.go.id atau https://bkppd.cianjurkab.go.id.

Pengumuman waktu dan tempat Seleksi Kompentensi Dasar dan Seleksi Kompetensi bidang akan diumumkan pada website https://sscasn.bkn.go.id atau https://bkppd.cianjurkab.go.id ; VII.

TAHAPAN SELEKSI

Kelulusan Passinggrade CPNS 2019 diatur oleh Peraturan Menteri yang membidangi Pendayagunaan Aparatur Negara.

Seleksi penerimaan CPNS Tahun 2019 terbagi menjadi tiga tahap:

Seleksi Administrasi.

Seleksi Kompetensi Dasar.

Seleksi Kompetensi Bidang.

Seleksi Kompetensi Dasar akan menggunakan sistem CAT (Computer Assisted Test) yang di selenggarakan oleh BKN.

Seleksi Kompetensi Dasar meliputi.

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Tes Intelegensi Umum (TIU). Tes Karakteristik Pribadi (TKP).

Bila peserta dinyatakan lulus Seleksi Komptensi Dasar maka peserta akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Bidang berupa pengumuman nama-nama peserta yang lolos Seleksi Kompetensi dasar.

Diambil berdasarkan 3 (tiga) kali formasi dengan peringkat nilai teratas dari masing-masing jabatan yang dilamar yang akan ditayangkan didalam portal https://sscasn.bkn.go.id atau https://bkppd.cianjurkab.go.id;

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker