Tips, Trik, dan Tutorial

Tata Cara Sensus Penduduk Online, Gak Ribet Kok!

CIANJURTODAY.COM – Sensus penduduk di tahun 2020 dilaksanakan secara online. Berikut kami ulas tata cara sensus yang berlangsung sejak 15 Februari hingga 31 Maret 2020.

1 Pertam kunjungi situs resmi sensus BPS online melalui link: https://sensus.bps.go.id/login

2 Lalu anda akan diperintahkan untuk mengisikan Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan Nomor Kartu Keluarga (KK).

3 Setelah itu, masukan kode captcha yang sesuai lalu klik tombol ‘cek keberadaan’. 

4 Langkah selanjutnya adalah membuat password kemudian pilih pertanyaan keamanan beserta jawaban yang digunakan untuk menjaga keamanan data Anda.

Setelah itu isikan pasword dan pilihan pertanyaan keamanan BPS ke (https://sensus.bps.go.id/login)

5 Jika sudah, klik tombol ‘Mulai Mengisi’. Biasanya waktu pengisian rata-rata per orang adalah 5 menit. Perlu diingat, anda bisa menyimpan data sementara dengan mengklik tombol ‘simpan sementara’. 

6 Selanjutnya anda akan mendapatkan form isian yang mengharuskan anda mengisi beberapa data diri, seperti alamat tempat tinggal saat ini, serta beberapa pertanyaan terkait kondisi tempat tinggal. Kemudian Isikan keterangan kondisi keluarga.

7 Setelah itu klik ‘lanjut’, setelah itu akan muncul halaman pengecekan data anggota keluarga. Pada bagian ini, anda bisa menambah anggota keluarga baru yang meliputi: Bayi, Orang lain yang sudah tinggal 1 tahun atau lebih, misalnya asisten rumah tangga/pembantu rumah tangga, keluarga lain, atau orang lain yang berencana menetap.

9 Selanjutnya anda akan mendapatkan form isian untuk memberitahu keterangan, mengenai kondisi anggota keluarga anda saat ini misalnya, meninggal atau tengah tidak diketahui keberadaannya.

10 Terakhir anda harus mengisi ringkasan pengisian. Pada tahap ini, pastikan data diri anda sudah benar. Cek kembali data yang anda sudah isikan dengan teliti. Jika sudah selesai klik ‘Kirim’.

Bagaimana Sensus Penduduk Online 2020 di Daerah Terpencil?

Badan Pusat Statistik (BPS) menyiapkan langkah untuk menyukseskan sensus penduduk 2020 di daerah terpencil dengan akses internet yang minim.

“Namun jangan khawatir, untuk mereka, akan ada sensus penduduk wawancara selama bulan Juli 2020,” kata Direktur Statistik Kependudukan dan ketenagakerjaan BPS, Nurma Widayanti, seperti diberitakan Kompas.com, Senin (17/02/2020).

Setelah sensus dengan sistem online selesai, nantinya akan hadir sensus penduduk secara offline. BPS menyebutkan sensus penduduk wawancara ini akan dilakukan oleh petugas sensus yang sudah dilatih oleh BPS.

“Petugas sensus yg sudah dilatih BPS akan mendatangi mereka yang belum ikut sensus online,” jelasnya.(ct2/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami