Today

Tebing Setinggi 20 Meter di Perbatasan Sukanagara – Pagelaran Longsor

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Tebing setinggi 20 meter di ruas Jalan Sukanagara – Cadas Hideung Kecamatan Pagelaran Kabupaten Cianjur longsor, Jumat (24/12/2021) sekitar jam 01.15 Wib.

Menurut informasi yang dihimpun Cianjur Today, longsor tersebut saat ini sudah ditangani oleh Cadin PUPR Provinsi Jawa Barat menggunakan alat berat berjenis buldozer.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cianjur, Rudi Labis mengatakan, ia menerima laporan melalui WA Call Centre ke pihak BPBD Cianjur tentang adanya longsor.

“Longsor ini terjadi akibat hujan yang terjadi terus menerus dari sore hari, sehingga tebing tidak kuat menahan. Sekitar jam 01.15 Wib terjadi longsor ,” ujarnya kepada Cianjur Today, Sabtu (25/12/2021).

Rudi menjelaskan, panjang longsoran sekitar 30 meter, tinggi sekitar 20 meter, dan lebar sekitar 4 meter.

“Maka dari itu jalan menuju SukanagaraPagelaran terputus tidak bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat akibat jalan tertutupi materilal longsor,” kata dia.

Menurutnya, situasi siang hari ini di lokasi kejadian jalan sudah dapat dilalui oleh kendaraan roda empat. Sementara pihak PUPR Provinsi Jabar masih terus melakukan pekerjaan membereskan material longsoran menggunakan alat berat.

“Material longsoran terdiri dari tanah dan tunggul bambu, sehingga membutuhkan waktu satu atau dua hari untuk mengangkat material,” ucapnya.

Sementara itu, Korcam Retana Kecamatan Pagelaran, Iwan Koswara menambahkan, saat ini evakuasi masih terus dilakukan oleh pihak PUPR dibantu Retana dan warga sekitar.

“Saat ini jalan sudah lumayan bisa dilalui oleh kendaraan. Tapi tadi sempat hujan kembali turun sehingga terjadi kembali dua kali susulan longsor namun tidak terlalu besar,” singkatnya.(ren/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami