Today

Tekan Penyebaran Covid-19, PMI Terus Tingkatkan Bantuan Kesehatan

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Palang Merah Indonesia (PMI) terus berupaya meningkatkan bantuan kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Termasuk mengingatkan masyarakat pentingnya mematuhi protokol kesehatan sebagai upaya memutus rantai penyebaran virus Corona di Indonesia.

Sekretaris Jenderal PMI, Sudirman Said mengatakan, bersama dengan tenaga kesehatan Indonesia, tim ambulans PMI telah menyediakan bantuan berupa transportasi pasien, suplai oksigen, dan pelayanan kritis.

“Kepada individu yang terdampak agar dapat dirujuk ke fasilitas kesehatan terdekat, sehingga dapat segera ditangani,” tuturnya dalam surat edaran, Kamis (8/7/2021).

Tim pelayanan kesehatan di klinik-klinik dan Rumah Sakit Palang Merah Indonesia di Bogor, Jawa Barat juga memberikan layanan Covid-19 kepada masyarakat yang membutuhkan di wilayah sekitar.

“Selain suplai oksigen dan Alat Pelindung Diri (APD) yang mendesak, tenda juga dibutuhkan untuk dapat meningkatkan kapasitas pelayanan,” ucapnya.

Para tenaga kesehatan bersama kurang lebih 7.000 relawan PMI di seluruh penjuru negeri telah mendedikasikan dirinya, untuk memberikan bantuan kepada pasien Covid-19.

“Itu semua untuk memastikan semua terlindungi dari pandemi ini adalah hal yang sangat penting,” imbuhnya.

Inilah saat yang kritis bagi seluruh warga Indonesia untuk dapat menjaga kesehatan serta melaksanakan protokol kesehatan untuk menghadapi pandemi Covid-19.

“Tim Palang Merah Indonesia berada di garda terdepan dalam upaya memberikan pelayanan kesehatan terbaik. Termasuk membantu masyarakat dalam kegiatan vaksinasi, pembagian masker, perlengkapan kebersihan kepada kurang lebih 7 juta jiwa bersamaan dengan kegiatan edukasi terkait Covid-19,” ungkapnya.

Seperti pentingnya mengikuti protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan air secara berkala.

Selanjutnya, mengurangi kegiatan di luar rumah, menghindari kerumunan, dan tidak melakukan makan bersama selain dengan anggota keluarga inti yang berada di satu rumah.

“Hal ini menjadi tanggung jawab bersama agar penerapan protokol kesehatan yang ketat. Juga dapat dibarengi dengan imbauan vaksinasi sebagai salah satu langkah menurunkan angka kasus Covid-19 di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Delegasi IFRC untuk Indonesia dan Timor, Jan Gelfand mengatakan, melihat upaya yang sangat besar di Indonesia dalam pemberian vaksinasi.

Menurutnya, penting sekali bagi semua negara untuk bekerja sama dan memastikan usaha kolektif kita dapat mempercepat vaksinasi secara global.

“Termasuk vaksinasi di Indonesia, sehingga semua orang bisa memiliki akses kepada vaksinasi untuk meningkatkan perlindungan terhadap virus Covid-19,” pungkasnya.(ct9/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button