Pendidikan

Terimakasih Atau Terima Kasih, Manakah Penulisan yang Benar?

Terimakasih atau terima kasih, mana yang benar? Berikut pernjelasan beserta contohnya. Terima kasih merupakan kata yang termasuk dalam tiga kata ajaib (three magic words) selain tolong (please/help) dan maaf (sorry). Ungkapan rasa syukur yang harus dibiasakan untuk diucapkan.

Kata ini dan dua kata ajaib lainnya itu dapat mengeratkan hubungan baik dengan sesama manusia, termasuk hubungan atasan-bawahan, orangtua-anak, kakak-adik, majikan-pekerja, dan sebagainya. Mengucapkan kata ini dapat memberikan penghargaan terhadap orang yang telah memberi bantuan.

Entah berapa juta kali per hari kata terima kasih diucapkan oleh manusia di dunia ini dengan berbagai bahasa, di antaranya sebagai berikut.

  • Thank You (Inggris)
  • Merci (Prancis)
  • Danke (Jerman)
  • Gracias (Spanyol)
  • Arigato (Jepang)
  • Gamsa-hamnida (Korea)
  • Xie-xie (Mandarin)
  • Syukron (Arab)
  • Danyavad, Shukriya (India)

Penulisan Kata Terima Kasih atau Terimakaaih

Lalu bagaimanakah penulisannya yang benar? Penulisan kata yang benar atau baku itu dipisah antara terima dan kasih, jadi terima kasih, bukan disatukan menjadi terimakasih.

Terdiri dari dua kata yang masing-masing katanya punya arti sendiri, terima dan kasih. Jika kita mencari kata terimakasih (disatukan) dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), maka hasilnya: KBBI menyatakan “Entri tidak ditemukan”. Artinya, kata “terimakasih” tidak dikenal dalam kata baku bahasa Indonesia.

Kemudian, jika pencarian penulisan kata terima kasih dengan dipisah maka akan keluar, hasilnya menjadi:
te·ri·ma ka·sih n rasa syukur. Ber·te·ri·ma.ka·sih artinya mengucap syukur; melahirkan rasa syukur atau membalas budi setelah menerima kebaikan dsb.

Penulisan Terima Kasih dalam Kalimat

Setelah memahami cara penulisan terima kasih yang benar, berikutnya kami contohkan dalam beberapa kalimat berikut.

1) Saya ucapkan terima kasih atas kebaikan bapak dan ibu atas semua bantianya selama ini. Semoga bapak di berkah-i oleh Tuhan dan semakin di tambahkan rezekinya.
2) Toni pun mengucapkan terima kasih kepada temannya karena telah memberikan saran saat ia kebingungan.
3) Tuhan, terima kasih engkau telah memberi kepada hamba-mu ini kecerdasan dan kepandaian, sehingga hamba bisa mendapatkan peringkat 1 di sekolah.

Nah, itulah ulasan Cianjur Today tentang penulisan kata terima kasih yang benar beserta contohnya. Mari mulai sekarang biasakan penggunaan penulisan kata terima kasih yang baik dan benar.(ct4/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker