ABOUT DESAToday

Terus Goyang dan Mau Ambruk, Rumah Reyot Milik Keluarga Anwar Terpaksa Dibongkar

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Rumah reyot nyaris ambruk milik keluarga Anwar (65) warga Kampung Sirnagalaih RT 03/RW 09, Desa Mekargalih Kabupaten Ciranjang, Kabupaten Cianjur terpaksa dibongkar pada Minggu (5/9/2021).

Ini dilakukan karena bangunan berukuran 7 X 6 meter itu sangar reyot. Jika penghuninya masuk ke dalam rumah, seluruh bangunan mendadak goyang dan nyaris ambruk.

Ketua MUI Desa Mekargalih, Ahmad Yusi Abdussalam memaparkan, ia datang langsung ke lokasi setelah mengetahui adanya laporan rumah panggung reyot dari Ketua RT dan RW setempat.

Setelah dilihat ternyata rumah panggung milik keluarga Anwar sudah lapuk dimakan usia dan kondisinya sudah tidak layak huni. Selain lapuk juga bila dimasuki orang bangunannya terasa goyang akan ambruk.

Saat itu pula pihaknya langsung melarang keluarga Anwar untuk menghuni lagi rumah itu karena takut ambruk ketika berada di dalam rumahnya.

“Kang Anwar udah saja jangan tingal di rumah, lebih baik ngungsi saja di rumah tetangga. Takut ambruk saat keluarga ada di didalam rumah,” kata Ahmad.

Tak pikir panjang, pihaknya beserta Ketua RT dan RW beserta masyarakat langsung mengevakuasi keluarga Anwar ke rumah tetangga yang lokasinya tak jauh dari lokasi.

Ketua RW 09, Lukman (48) menambahkan, rumah reyot milik keluarga Anwar telah beberapa kali diusulkan agar dibangun pada program Rutilahu. Namun hingga kini masih belum ada tindak lanjutnya.

“Karena takut ambruk, maka pada Jumat (3/9/2021) bangunan rumah bagian depan disangga dengan bambu supaya kuat. Namun sayang upaya tersebut sia-sia, bukannya kuat malah lebih parah. Rumah goyang akan ambruk bila dimasuki penghuninya,” tambah Lukman.

Setelah selesai dibongkar, pihaknya bersama Ketua MUI dan masyarakat kebingungan bagaimana caranya membangun kembali rumah milik keluarga Anwar.

Maka dengan itu pihaknya mengharapkan bantuan semua pihak khususnya pada Pemkab Cianjur suapya segera menurunkan dana program Rutilahu.(asi/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button