Today

Tes PCR di RSUD Cimacan Kini Hanya Rp275 Ribu

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Sesuai dengan surat edaran terbaru dari Kementerian Kesehatan RI, harga tes PCR di RSUD Cimacan kini hanya Rp275 ribu.

Komite Promosi Kesehatan RSUD Cimacan, dr. Glancius Nironsta Harefa mengatakan, harga awal tes PCR di RSUD Cimacan sebesar Rp495 ribu dan sudah turun menjadi Rp275 ribu.

“Akan tetapi, harga Rp275 ribu akan ditambah lagi untuk biaya registrasi IGD sebesar Rp65 ribu, jadi total Rp340 ribu,” ujarnya kepada Cianjur Today, Senin (1/11/2021).

Ia menuturkan, pemeriksaan tes PCR dilakukan di ruang IGD RSUD Cimacan, setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu.

“Jika ingin melakukan tes PCR, sebelumnya harus melakukan pendaftaran lebih dulu melalui WhatsApp ke nomor 081316513089. Mulai dari jam 06.30 hingga 07.30 Wib dengan hasil di hari yang sama,” jelasnya.

Sementara untuk Tes Swab Antigen, masyarakat bisa melakukan tes setiap hari di Poli MCU RSUD Cimacan dengan harga Rp99 ribu dan ditambah biaya registrasi IGD sebesar Rp65 ribu.

“Namun, sebelumnya harus mendaftar secara online melalui aplikasi Tartimah pada jam 07.30 sampai 11.00 Wib. Sementara waktu pemeriksaanya mulai jam 11.00 hingga 12.00 Wib,” paparnya.

Ia menuturkan, alur pemeriksaan tes PCR, pertama melakukan pendaftaran melalui kontak WhatsApp beberapa hari atau minimal satu hari sebelum dilakukan swab test, dengan mengirimkan foto KTP/identitas diri.

“Selanjutnya melakukan pembayaran di kasir IGD dan menunggu giliran untuk dilakukan tes swab. Terakhir, menunjukkan bukti pembayaran kepada petugas tes swab,” terangnya.

Menurutnya, penurunan harga tes PCR ini sudah sesuai dengan instruksi Presiden Jokowi dan Kementerian Kesehatan, dalam upaya penanganan Covid-19 Jawa-Bali.

“Saya yakin rumah sakit sudah mempertimbangkan penurunan biaya tersebut sesuai arahan Presiden Jokowi,” ucapnya.

Selain itu, lanjutnya, jumlah total keseluruhan yang melakukan tes PCR di RSUD Cimacan sudah semakin banyak, seiring dengan pengetatan aturan serta kesadaran masyarakat yang tinggi.

“Jumlah pastinya ada di laboratorium, jadi kami belum bisa memberikan data lengkapnya,” imbuhnya.

Ia pun menyebut, hasil dari tes PCR ini paginya tes dan sorenya hasil sudah keluar, sehingga bisa segera terlihat apakah hasilnya negatif atau positif.

“Mari bersama lawan pandemi Covid-19. Tetap disiplin dan patuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, jaga jarak, dan selalu rajin mencuci tangan,” tandasnya.(ren/sis)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami