Today

Tidur di Pom Bensin, Hingga Berjalan Kaki 10 Kilometer Demi Hidupi Anak Istri

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Iwan (32) warga Kampung Samarang, Desa Sanding, Kecamatan Sukarasa, Kabupaten Garut sanggup berkelana dari kota satu ke kota lainnya, untuk memikul senapan angin (sengin) untuk dijajakan sebagai dagangannya.

Sebelum dagangannya habis, dia rela menginap di tempat umum di kota yang tengah dijelajahinya. Misalnya, saat berjualan sengin di Cianjur, Iwan tanpa rasa malu tidur demi mengistirahatkan tubuhnya di pom bensin usai seharian berjalan kaki.

Dia mengatakan, sebelum senapan panjang yang digendongnya laris manis dibeli, ia tak akan pulang menemui anak dan istrinya di Garut. Pria bertubuh gempal ini mengaku sudah menjalani pekerjaannya tersebut selama enam tahun.

“Pernah jualan jalan kaki ke Sumatera, tepatnya di Bakau Huni. Kalau sekarang hanya di daerah Kabupaten Sukabumi dan Cianjur saja,” ungkap Iwan.

Tanpa berkeluh kesah, usaha ini digelutinya dengan rasa semangat. Lantaran, ia berkeyakinan, bahwa barang dagangannya lebih eksklusif dan berkualitas ketimbang sengin lainnya yang dijual di toko.

“Ini hand made pak. Dibuat oleh tangan bukan pabrikasi yang menggunakan mesin, sehingga kualitasnya tahan lama dan saat digunakan menembak pun diakui pembeli lebih jitu,” kata Iwan.

Sehari Jalan Kaki Hingga 10 Kilometer dan Tidur di Pom Bensin

Kalau dihitung-hitung, menurutnya, satu hari dia bisa berjalan kaki sepanjang 10 kilometer, dan seharian penuh waktunya, demi menjajakan sengin kepada para pemburu.

“Bangun tidur berangkat pagi, dan berkeliling di kota hingga pemukiman warga untuk cari pembeli,” ucapnya.

Soal penghasilan, kata Iwan, dinilai cukup lumayan. Hingga saat ini selain menghidupi keluarganya, di kampung halamannya di Garut ia sudah berhasil membangun sebuah rumah.

“Asalkan ia giat nawarin ke orang-orang, pasti banyak yang beli. Saya percaya kepada tuhan saat kita berusaha pasti dia akan memberikan rezekinya,” pungkasnya.(riz)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks