Today

Tim Saber Pungli Cianjur Kumpulkan Puluhan Kepala Desa, Ada Apa?

CIANJURTODAY.COM, Pacet – Sebagai langkah antisipasi praktik pungutan liar (pungli) di wilayah desa. Tim Saber Pungli Cianjur terus gencar melakukan sosialisasi kepada kepala desa.

Sosialisasi kali ini menyasar puluhan kepala desa di wilayah Cianjur utara. Dan kegiatan terlaksana di Aula Desa Cipendawa, Pacet, Kabupaten Cianjur.

Ketua Pokja Pencegahan Tim Saber Pungli Cianjur sekaligus Irpansus Inspektorat Daerah Kabupaten Cianjur, Pujo Nugroho mengatakan, Tim Saber Pungli terus aktif jemput bola ke desa-desa untuk mencegah adanya praktik pungli.

“Kegiatan sosialisasi ini baru pertama kita lakukan di wilayah Pacet dengan sasaran 41 kepala desa (kades) yang terdiri dari empat kecamatan. Di antaranya dari Kecamatan Pacet, Sukaresmi, Cipanas, dan Kecamatan Cugenang,” ujarnya kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Lebih lanjut, kata Pujo, sosialisasi wilayah Saber Pungli juga akan ada di wilayah-wilayah lainnya. Sementara besok (35/1/2022) perangkat daerah akan mendapat sosialisasi lewat moderator langsung dari Tim Saber Pungli Provinsi Jawa Barat.

“Setelah ini, kami akan terus sosialisasi kepada semua kepala desa di wilayah lainnya dan ke semua OPD di Kabupaten Cianjur, agar praktik pungli dapat diantisipasi sedini mungkin,” paparnya.

Selain itu, ia menegaskan kepada perangkat pemerintah desa di wilayah Kabupaten Cianjur, untuk tidak memungut, menerima, dan memberi apapun terhadap hal-hal yang mengarah pada praktik pungli.

“Saya tekankan kepada para kades untuk tidak menjadi pelaku pungli. Melainkan harus memberikan contoh yang baik, menciptakan pemerintahan desa yang kondusif, dan bebas dari praktek pungli,” tegasnya.

Maka dari itu, lanjutnya, perlu ada kerja sama dari semua pihak untuk memberikan contoh yang terbaik.

“Sehingga praktik pungli di Kabupaten Cianjur dapat benar-benar diberantas,” tandasnya.(ren/sis)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button