Today

Tingkatkan Fasilitas Publik, Kebun Raya Cibodas Resmikan Sarana Tolilet Baru yang Lebih Nyaman

CIANJURTODAY.COM, Cipanas – Demi meningkatkan kapasitas sarana prasarana publik di Kebun Raya Cibodas (KRC), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama PT Mitra Natura Raya, meresmikan tiga toilet percontohan baru di era new normal.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya Cibodas LIPI, Hendrian mengatakan, LIPI memutuskan untuk melakukan kemitraan khususnya dalam pelayanan publik di Kebun Raya Cibodas yang akan dilakukan secara bertahap hingga awal 2021 mendatang.

“Sebagaimana pesan dari Kepala LIPI yang menginginkan agar pelayanan di Kebun Raya bisa naik kelas, sehingga peningkatan kualitas pelayanan publik pun harus terus dilakukan,” ujarnya saat diwawancarai wartawan, Rabu (25/11/2020).

Hendrian mengatakan, saat ini memang menjadi tahun sulit bagi KRC. Karena masa pandemi Covid-19, KRC harus tutup selama empat bulan, kemudian setelah buka tidak serta merta kondisi menjadi normal kembali.

“Namun, di tengah tekanan pandemik ini, saya melihat bahwa pelayanan publik yang sudah diberikan oleh PT Mitra Natura Raya ini sesuai dengan harapan kami. Fasilitas yang ada di KRC semuanya terawat baik dan bersih,” papar Hendrian.

Pihaknya mengatakan, peresmian toilet percontohan yang baru saja diresmikan, menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan bagi para pengunjung. Ia pun berharap, ke depannya PT MNR ini bisa terus menghadirkan kualitas pelayanan publik dengan semakin baik.

“Hari ini dimulai dari peresmian toilet. Kenapa tolilet? Karena pelayanan publik itu salah satunya bisa dilihat dari bagian belakang, seperti toilet. Kalau tolilet kita bagus, maka pengunjung pun akan lebih nyaman, karena menjadi salah satu pelayanan publik agar membuat pengunjung betah berlibur di KRC,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Hendrian, pihaknya berterima kasih kepada pemerintah Kabupaten Cianjur, karena atas perhatiannya yang besar, Kebun Raya Cibodas dapat terpelihara secara maksimal.

“Oleh sebab itu saya berharap, kerja sama dan kolaborasi ini akan terus berlangsung dengan baik,” ujarnya.

Pihaknya menjelaskan, peningkatan fasilitas-fasilitas seperti ini tidak akan berhenti dilakukan oleh KRC, namun pemeliharaan semua fasilitas tersebutlah yang jauh lebih penting dilakukan.

“Maka dari itu, saya mengimbau peran aktif semua pihak termasuk para pengunjung yang datang, untuk bersama-sama melakukan pemeliharaan di KRC ini,” tuturnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Mitra Natura Raya,
Hendra Noor Saleh mengungkapkan, kebersihan kamar mandi merupakan hal penting yang harus dilakukan demi mendukung terciptanya kesehatan bagi setiap orang.

“Jadi saking pentingnya, banyak orang yang mendesain kamar mandinya sedimikian rupa agar lebih nyaman saat digunakan. Dengan selesainya tiga toilet sebagai Pilot Project ini, kami mengundang partisipasi swasta untuk berkolaborasi renovasi toilet di empat kebun raya lainnya, agar standar pelayanannya bisa sama,” paparnya.

Hendra menyebut, hal tersebut merupakan wujud upaya PT MNR dalam peningkatan pelayanan kepada pengunjung Kebun Raya Cibodas.

“Bagi wanita yang terbiasa dengan merias wajah, saya yakin akan betah berlama-lama di dalam toilet era new normal yang ada di Kebun Raya Cibodas ini,” imbuhnya.

Namun, untuk menciptakan kenyamanan ini bukan hanya dengan mempercantik ruangan saja, tapi juga dengan menjaga kebersihannya.

“Hal yang paling penting adalah bersama menjaga kebersihan toilet. Sehingga, kami mengharapkan partisipasi pengunjung agar ikut merawat kebersihan toilet agar kenyamanannya bisa dinikmati bersama,” tandasnya.(ct6/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button