PENDIDIKAN

Tips Agar Anak Menyenangi Matematika Sejak Dini

Artikel ini akan diawali dari sebuah pandangan umum yang sering dikatakan bahwa matematika itu adalah ilmu yang sulit dan ditakuti. Hal tersebut memang benar jika kita tidak menanamkan matematika sejakdini kepada anak kita.

Dalam perkembangan dunia yang semakin bebas ini, maka kita sebagai orang tua sudah harus memikirkan anak kita dimasa yang akan datang, yaitu dengan cara mengarahkan kepada hal hal yang berbau mendidik dimulai dari sejak dini.

Matematika adalah ilmu yang sangat bisa membantu anak dalam proses tumbuh kembang anak. Seorang anak jika telah terbiasa dan dilatih dari sejak dini tentang matematika maka pola pikir anak akan mulai tertanam dalam alam bawah sadarnya akan pentingnya matematika.

Dalam artikel ini akan diberikan sedikit tips bagi para orang tua untuk bisa membuat anak menyukai dan mau untuk belajar matematika.

Tips yang pertama: lihatlah matematika sebagai sebuah yang menarik dan menyenagkan, bawalah anak ke suasana yang santai dan membuat anak nyaman. Misalkan pada era yang moderen ini sudah banyak sekali fasilitas yang diberikan oleh beberapa sofware berbasis android yang didalamnya sudah banyak tersedia tentang game yang berhubungan dengan matematika seperti “mengenal angka dan simbol matematika”, “belajar berhitung”, dan “game ular tangga” dll. Dalam hal ini anak akan didorong secara tidak langsung untuk belajar matematika walaupun mereka belum mengetahui sepenuhnya apa itu matematika namun minimal dalam alam bawah sadar anak telah tertanam hal hal yang berkaitan dengan matematika diantaranya mengenal angka, mengenal simbol angka, belajar bernalar dll.

Tips yang kedua: Sebagai orang tua haruslah bisa memberikan arahan dan dorongan kepada anak untuk mau belajar matematika, misalkan dengan cara mengajak anak untuk belajar berhitung, menghapal angka dll. Nah setelah itu yang paling penting berilah tantangan kepada anak agar dia lebih semangat untuk belajar menghitung misalkan dengan cara jika anak kita sudah mulai bisa menggenal angkan dan berhitung kita akan membri hadiah, hadiahnya tidak mesti mahal dan mewah cukup dengan memberi coklat atau membelikan mainan dll.

Tips yang ketiga: Bawalah matematika kedalam kehidupan sehari hari. Dalam hal ini banyak cara yang bisa dilakukan, misalkan mulailah anak kita dikenalkan untuk berbelanja ke warung cukup saja untuk jajan makanan yang dia suka, berilah anak kita uang secukupnya dan berikan penjelasan dahulu kepada anak misalkan dengan uang 1000 anak bisa membeli apa saja di warung, dan apakah masih ada sisa uang jajannya. Disana secara tidak langsung anak sudah dikenalkan dan belajar matematika secara nyata walapun terkadang anak tidak mengerti dengan hal tersebut namun itu sangat penting dilakukan bagi anak dengan tidak lupa adanya bimbingan dan perhatian orang tua. Selain itu anak juga bisa kita bimbing untuk mengelompokan jenis mainan yang dia punya, misalkan mobil mobilan, kelereng, mainan bergambar dll dan disimpan dalam tempat yang berbeda.

Tips yang keempat: Menumbuhkan rasa percaya diri anak. Ini merupakan hal yang penting karena bisanya anak ada yang memiliki karakter percaya diri dan tidak percaya diri. Bagi anak, rasa kepercayaan diri ini harus sudah dilatih dan didorong oleh orang tua di rumah apalagi rasa percaya diri akan sangat membantu anak dalam belajar matrematika dan belajar ilmu yang lainnya. Tanamkan kepada anak kita bahwa belajar matematika itu adalah sesuatu yang sangat menyenangkan dan tidak sulit, hal ini akan membantu anak akan lebih bisa memunculkan rasa kepercayaan dirinya.

Tips yang kelima: Jangan lupa jika anak kita sudah mulai masuk sekolah apakah itu TK atau Seolah Dasar maka kita sebagai orang tua harus terus memantau perkembangan anak kita di sekolahnya dengan cara menanyakan secara langsung kepada gurunya tentang perkembangan anak kita. Biasanya hal ini jarang dilakukan oleh orang tua namun mulai sekarang mari kita lakukan hal tersebut karena bertanya kepada guru bisa membantu kita dalam mengetahui sejauh mana perkembangan anak kita disekolahnya. Dan yang paling penting juga mintalah kepada guru sekolah agar anak didiknya diberikan sebuah permainan yang mengandung unsur berpikir dan berlogika misalkan seperti permainan tebak gambar, tebak warna, mengenal bentuk, games angka berkumpul dll.

Jika semua orang tua sudah mulai meyadari pentingnya matematika untuk anak, maka dipastikan generasi bangsa Indonesia kedepannya akan memiliki calaon-calon generasi emas yang akan bisa membawa bangsa dan negara ke arah yang lebih baik. Oleh karena itu mari kita memulai dari anak kita sejak dini untuk belajar menyenagi matematika dan demi masa depan anak kita yang lebih baik.

 

Fandy Gustiara
Mahasiswa Pascasarjana ITB
FMIPA-Pengajaran Matematika

Fandy Gustiara

Mahasiswa Pascasarjana ITB

FMIPA-Pengajaran Matematika

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Matikan Blok Iklan Untuk Melihat Berita Kami

Dukung Kami Dengan Tidak Menutup Iklan