Ramadan Today

Tips Agar Mulut Tetap Segar Selama Berpuasa

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Di bulan Ramadan kita diwajibkan menahan lapar dan dahaga sekitar 13 jam. Selama itu pula mulut kita akan menjadi kering dan biasanya bau mulut.

Kurangnya produksi air liur atau saliva saat berpuasa menjadikan mulut kering dan kuman dalam mulut berkembang biak, sehingga memicu bau mulut. Hal itu terkadang membuat kita menjadi tidak percaya diri untuk mengobrol bersama orang lain.

Nah, agar kamu tetap PD beraktivitas selama puasa, Cianjur Today telah merangkum beberapa tips menjaga mulut tetap segar selama berpuasa. Berikut ulasannya.

1 Minum Air Mineral yang Cukup Saat Sahur

Foto: Internet

Air memang menjadi kebutuhan pokok manusia, terutama saat berpuasa. Minum air yang cukup akan membantu menjaga cairan dalam tubuh mu dan menjaga mulut agar tidak kering.

Baca Juga: Tips Tetap Fit Bekerja Saat Berpuasa

2 Jaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihat mulut saat berpuasa memang sangat penting. Misalnya dengan sikat gigi dua kali sehari dan memakai obat kumur selama berpuasa agar mulut tetap segar.

3 Makan Sayuran Hijau dan Buah Saat Sahur

Foto: Internet

Sayur dan buah bisa membantu meningkatkan produksi air liur selama berpuasa dan mencegah berkembangnya kuman penyebab bau mulut.

4 Konsumsi Makanan Bervitamin C

Kandungan vitamin c dapat secara efektif mencegah kuman dalam mulut berkembang biak. Konsumsi makanan yang mengadung vitamin c saat berbuka dan sahur seperti buah jeruk, nanas, paprika dan lain-lain.

5 Jaga Pola Makan

Beberapa makanan mampu menyebabkan bau mulut saat berpuasa. Seperti karbohidrat dari roti dan keripik kentang. Anda juga dianjurkan menghindari makanan berbau, seperti bawang, jengkol dan lain-lain.

Nah itu dia tips agar mulut tetap segar saat berpuasa. Semoga puasa anda lancar! (ct2)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker