Tips, Trik, dan Tutorial

Tips Agar Terhindari Sambaran Petir di Dalam dan Luar Ruangan

CIANJURTODAY.COM – Cuaca tidak bisa diprediksi, terkadang sangat panas lalu tiba-tiba hujan. Seperti yang kamu tahu, akhir-akhir ini hujan sering turun disertai dengan petir. Tentu saja kamu harus sangat berhati-hati.

Sambaran petir sangat berbahaya, bahkan dapat menyebabkan kematian. Petir juga bisa merusak peralatan elektronik kamu.

Sambaran petir tidak hanya terjadi di luar ruangan saja. Bahkan di dalam ruangan pun petir bisa saja menyambar. Nah maka dari itu, kamu harus tahu apa saja yang harus dilakukan jika hujan petir. Berikut ini kami telah rangkum tips terhindar dari sambaran petir dan pertolongan pertama saat tersambar petir. Simak ulasannya!

Dalam Ruangan

Meski dalam ruangan merupakan tempat yang paling aman saat sedang petir, kamu tetap harus berhati-hati. Lakukan langkah-langkah di bawah ini.

Matikan listrik dan barang Elektronik Petir akan menyambar segala sesuatu yang teraliri listrik. Maka dari itu, pastikan segala sesuatu yang berhubungan dengan listrik benar-benar padam. Jauhkan juga diri kamu dari area listrik.

Tutup semua pintu dan jendela lalu menjauhlah dari lokasi tersebut.

Jangan gunakan telepon rumah. Jika keadaan memaksa kamu harus menelpon, maka pilihlah untuk menggunakan HP.

Saat di dalam ruangan, gunakanlah alas kaki berbahan karet, memakai pakaian yang kering agar terhindar dari sambaran petir.

Hindari aktivitas yang mengharuskan kamu berinteraksi dengan logam dan kayu, karena akan sangat berbahaya.

Luar Ruangan

Saat berada di luar ruangan, carilah tempat berlindung. Pastikan kamu tidak berada di lapangan terbuka karena petir justru akan menyambarmu. Lebih baik berlindung di bangunan atau mobil dan masuklah ke dalamnya. Lapisan tanah, merupakan sasaran petir untuk melepaskan energinya.

Jika sedang berada di air lalu terdengar suara petir, segeralah naik. Air juga merupakan sasaran petir untuk melepaskan energi.

Jangan berlindung di bawah pohon. Jika pohon tersambar petir, energi petir tersebut akan lompat ke tubuh anda.

Jauhi juga berlindung dekat tiang atau menara yang tinggi dan mudah tersambar petir.

Jangan terlalu dekat dengan orang lain. Jaga jarak minimal empat meter agar tidak terjadi penyaluran energi.

Pertolongan Pertama Saat Tersambar Petir

Sambaran petir akan memberikan efek yang besar bagi tubuh kita. Beberapa cedera bisa terjadi akibat dari sambaran petir. Seperti, serangan jantung, linglung, hilang kesadaran dan masih banyak lagi.

Jika hal itu terjadi di sekitar kamu, maka lakukan langkah-langkah di bawah ini sebagai upaya pertolongan pertama saat tersambar petir.

Orang yang tersambar petir tidak akan membawa muatan listrik dalam tubuhnya. Maka dari itu, segera tangani dan bantu orang tersebut.

Hubungi Emergency Medial Service (EMS) atau layananan kesehatan lainnya.

Saat tersambar petir, karena sengatan yang besar seseorang bisa saja mengalami kerusakan sistem saraf, patah tulang, gangguan pendengaran, penglihatan dan lainnya. Lakukanlah bantuan pernafasan (CPR) sebagai pertolongan pertama, jika jantung korban berhenti berdetak.

Nah itu dia, tips terhindar dari Sambaran petir dan juga cara melakukan pertolongan pertamanya. Untuk mengatasi petir, kamu bisa menggunakan alat penangkal petir yang tersedia saat ini. Semoga bermanfaat! (ct2)

Diolah dari berbagai sumber

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker