Tips, Trik, dan Tutorial

Tips Racik Obat Gatal Paling Ampuh Pakai Daun Sambiloto

CIANJURTODAY.COM – Obat gatal tak selamanya harus beli. Anda bisa racik sendiri menggunakan bahan alami, misalnya daun sambiloto. Daun ini dikenal sebagai obat gatal yang telah terbukti memilki banyak khasiat untuk kesehatan.

Kandungan Daun Sambiloto

Konon memiliki zat aktif bernama andrografolida. Zat ini diambil dari batang dan daun sambiloto. Meskipun rasanya sangat pahit, manfaat sambiloto dalam bidang kesehatan patut diperhitungkan.

Andrographolide memiliki manfaat sebagai agen pembunuh bakteri, obat penghilang rasa sakit, dan penekan virus dalam tubuh. Sambiloto bekerja dengan cara merangsang sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan jumlah sel darah termasuk sel putih, yang berperan penting dalam sistem kekebalan tubuh.

Andrographolide juga berperan besar dalam menurunkan enzim CDK4 sehingga dapat menekan pertumbuhan sel kanker.

Untuk mengatasi gatal pada kulit, anda bisa memanfaatkan daun sambiloto yang mampu memudarkan atau menghilangkan bakteri penyebab gatal

Bikin Obat Gatal Pakai Daun Sambiloto

Mengobati gatal pada kulit dapat dilakukan dengan mudah. Anda perlu rajin dalam membuat racikan ramuan herbal daun in dan rutin mengonsumsinya. Berikut cara racik ramuan herbal daun sambiloto untuk obati gatal pada kulit.

  • Sediakan daun sambiloto segar sebanyak satu genggam (30 gram)
  • Daun sambiloto di bersihkan dengam dicuci, lalu ditumbuk hingga halus.
  • Setelah daun menjadi tumbukan halus, kemudian ditambahkan air matang setengah cangkir (110 mL). Saring kemudian minum sekaligus. Diminum 2 kali sehari sebelum makan.

Selain itu, kamu juga bisa membuat racikan ramuan herbal daun sambiloto dengan menambahkan bahan lain. Sediakan 1 gram daun sambiloto, kemudian 1 gram akar wangi Dan juga 1 gram jahe.

Tumbuk daun sambiloto dan juga akar wangi tersebut sampai halus. Setel halus dan menjadi bubuk tambahkan air dan gunakan untuk diminum lakukan 3 kali dalam sehari.

Nah itulah, obat gatal pada kulit dengan ramuan herbal daun sambiloto. Selamat mencoba dan rasakan khasiatnya.(ct4)

Diolah dari berbagai sumber

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker