Tips, Trik, dan Tutorial

Tips Tetap Sehat dan Aktif Saat Cuaca Ekstrem

CIANJURTODAY.COM – Saat ini sulit rasanya memprediksi cuaca yang akan terjadi. Bahkan musim kemarau terus berlanjut, yang biasanya pada bulan-bulan tertentu telah mamasuki musim hujan.

Kini musim kemarau lebih panjang dari biasanya, membuat suhu terasa sangat ekstrem dengan udara yang gersang. Beraktivitas menajdi terasa cukup menantang, terutama beraktivitas di luar.

Namun kita harus tetap beraktivitas untuk melakukan rutinitas keseharian, hal itu mengharuskan kita pandai-pandai dalam menjaga kondisi tubuh dan kesehatan. Menjaga kondisi tubuh sangat penting dan harus lebih dijaga pada saat seperti ini.

Menjaga kondisi tubuh tetap stabil, salah satu caranya adalah dengan menjaga asupan tubuh dan beristirahat dengan cukup. Asupan tubuh harus selalu dipenuhi sesuai dengan yang dibutuhkan, terutama asupan air mineral yang pasti lebih banyak dibutuhkan oleh tubuh agar tidak mengalami dehidrasi.

Lalu apakah semua makanan baik di konsumsi pada kondisi cuaca yang panas? Tentu kita harus pandai dalam memilih makanan yang kita konsumsi karena itu sangat berpengaruh kepada kondisi dan daya tahan tubuh.

Berikut beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi pada cuaca ekstrem:

1 Buah

Hal yang harus diutamakan bahwa buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang wajib dikonsumsi saat cuaca sedang panas. Menambah takaran kosumsi buah menjadi pilihan terbaik.

Ada beberapa jenis buah yang direkomendasikan para ahli untuk menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, antara lain semangka, pear, nanas, dan lemon. Buah-buahan tersebut diklaim memiliki kandungan air lebih dari 90 persen.

2 Sayuran

Seperti tak dapat dipisahkan antara satu dengan lainya, seperti halnya buah. Sayur menjadi asupan yang harus ada untuk memenuhi kebutuhan dalam tubuh.

Dengan kandungan nutrisi dan gizi yang sangat dibutuhkan, sayuran berdaun hijau seperti lettuce, brokoli, dan seledri mengandung lebih dari 90 perden air. Selain itu, kubis dan mentimun juga diklaim kaya air kandungannya mencapai 96%.

Mengonsumsi sayuran tersebut di cuaca panas akan membuat tubuh terhidrasi dengan baik, sehingga tidak mudah lelah dan kehausan

3 Olahan sup

Ketika tubuh mengalami dehidrasi, Anda akan kehilangan sejumlah sodium dan elektrolit. Nutrisi ini sangat penting untuk menjaga fungsi organ di dalam tubuh. Mengonsumsi sup yang berbahan dasar kaldu akan membantu tubuh tetap terhidrasi.

Salah satu contoh sup berbasis kaldu yang direkomendasikan para ahli sup kaldu sayuran. Hidangan ini mengandung air hingga 98 persen, dan kandungan sodiumnya akan membantu sistem metabolisme tubuh.

4 Gelatin

Makanan pencuci mulut yang terbuat dari gelatin juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat cuaca panas. Sama seperti olahan sup, gelatin memiliki kandungan air dan sodium yang cukup tinggi. Kandungan ini bermanfaat menjaga fungsi otot dan mengontrol tekanan darah.

Tidak hanya itu, gelatin cenderung memiliki kandungan kalori yang cukup rendah dibandingkan sup. Setiap 100 gram gelatin yang Anda konsumsi mengandung sekitar 20 kalori.

5 Almond

Almond mengandung kuantitas tinggi kalsium, serat, dan mineral lain yang dibutuhkan tubuh. Almond membantu mempertahankan panas tubuh dan mencegah kadar gula darah berlebih.

Selain itu, nutrisi dan vitamin yang terkandung dalam kacang almond bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah risiko berbagai penyakit dan bikin panjang umur.

Beberapa senyawa aktif yang terkandung di dalam kacang almond dikatakan bisa mencukupi kebutuhan nutrisi tubuh dengan baik.(*)

Penulis: Siti Nurlela
Diolah dari berbagai sumber

Berikan Komentar Kalian

Back to top button