Today

TKI Cianjur Meninggal Dunia di Yordania

Disnakertrans Upayakan Pemulangan Jenazah

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Ani Iin, seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau Pekerja Migran Indonesia (PMI) asal Cianjur meninggal dunia di Yordania. Almarhumah diketahui merupakan warga Desa Wangunsari, Kecamatan Naringgul, Kabupaten Cianjur.

Ani Iin diperkirakan meninggal dunia sehari sebelum Idul Adha, atau Sabtu (10/8/2019). Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur menerima kabar tersebut keeseokan harinya atau Minggu (11/8/2019).

Saat ini Disnakertrans Cianjur sedang berupaya untuk memulangkan jenazah Ani Iin ke Cianjur. Salah satunya dengan berkoordinasi langsung ke Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

“Sebelumnya dikabarkan oleh Staf Atnaker Yordania, mengatakan bahwa ada TKI yang meninggal asal Cianjur,” ungkap Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Pengembangan Perluasan Kesempatan Kerja, Ricky Ardhi Hikmat, Selasa (27/8/2019).

Menurut Informasi yang ia dapat, hasil forensik rumah sakit di Yordania tidak ditemukan tanda atau luka bekas penganiayaan di tubuh jenazah.

“Penyebab meninggalnya akibat sakit dan sedikit over mengonsumsi obat, melebihi dari anjuran dokter,” tuturnya.

Terkendala

Pemulangan jenazah salah satu Pekerja Migran Indonesia (PMI) ini terkendala. Almarhumah diketahui berangkat tidak melalui prosedur resmi. “Dulu pemberangkatannya tidak melalui perusahaan penyalur tenaga kerja. Posisi waktu meninggalnya juga tidak di rumah majikannya,” paparnya.

Meski begitu, Ricky berharap proses pemulangan jenazah TKI Cianjur yang meninggal dunia ini bisa lancar, sehingga bisa secepatnya dimakamkan. Pihaknya juga mengupayakan hak almarhumah selama bekerja.(yan)

Reporter : Dian Tardian
Editor : M Reza Fauzie

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker