CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Korps Marinir TNI AL menggelar penyuluhan dan bakti sosial di Desa Sukanagalih, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Kamis (9/7/2020). Selain itu ada pula sosialisasi kesehatan tentang penanganan dan pencegahan Covid-19 dalam rangka kegiatan Serbuan Teritorial (Serter) TNI Korps Marinir tahun 2020.

Kegiatan itu diikuti warga dari Kecamatan Pacet, Sukaresmi, dan Cipanas. Hadir Asisten Potensi Maritim Komandan Korps Marinir (Aspotmar Dankormar) Kolonel Marinir Raja E. Girsang. Kemudian Dandim 0608 Cianjur, Letkol Inf. Rendra Dwi Andhani, Komandan Yonarmed 5/105 Tarik, Letkol Arm. Krisrantau Hermawan, jajaran polsek dan polres, serta Forkompimda dan Forkompimcam setempat.

Aspotmar Dankormar, Kolonel Marinir Raja E Girsang, menuturkan, kegiatan bakti sosial ini meliputi penyuluhan pertanian, perikanan, dan profit margin dengan penanaman jenis holtikultura dan bibit ikan.

“Kita rencanakan penanaman jagung dan beberapa jenis hortikultura sayuran lainnya,” tutur dia.

Ia pun mengungkapkan, dalam program yang akan datang, Marinir pun akan menyentuh ke wilayah pesisir selatan. Termasuk pembinaan terhadap nelayan dan masyarakat pesisir.

“Jadi bagaimana kita melakukan pembinaan, pembibitan, ataupun kegiatan nelayan yang bersifat meningkatkan ekonomi dengan baik. Untuk menjadi mata pencaharian dan mencukupi kebutuhan gizi masyarakat Cianjur,” ujar dia.

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Cianjur, mewakili Plt Bupati Cianjur, Parwinia, sangat mengapresiasi dengan adanya program yang diselenggarakan oleh TNI khususnya Marinir bagi para petani dan nelayan ini.

“Kami berterima kasih adanya bantuan ini, semoga bermanfaat bagi warga Cianjur khususnya terhadap petani dan nelayan,” singkatnya.

Dandim 0608 Cianjur, Letkol Inf Rendra Dwi Andhani, mengatakan, kegiatan ini diprakarsai Korps Marinir TNI. Dengan kegiatan ini, diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat khususnya di Kecamatan Sukaresmi, Pacet, dan Cipanas, Kabupaten Cianjur.

“Mudah-mudahan dengan program ini kami selaku aparat TNI bisa menjangkau wilayah dan bekerjasama berkoordinasi secara intens. Sehingga sama-sama memajukan masyarakat dan memberikan kemandirian bagi warga.” katanya.(afs/ct6/rez)