Nasional

Toilet SPBU Berbayar, Erick Thohir: Harusnya Gratis!

CIANJURTODAY.COM, Jakarta – Toilet SPBU berbayar mendadak viral, karena unggahan video di laman Instagram milik @erickthohir.

Menteri BUMN, Erick Thohir merasa heran mengenai fasilitas umum yang seharusnya diberikan gratis. Hal ini terjadi pada salah satu SPBU di Kecamatan Malasan, Probolinggo.

Dalam unggahan video tersebut, Erick berdialog dengan seorang penjaga toilet dan menanyakan terkait fasilitas toilet di SPBU yang berbayar.

“Ini pom bensin swasta, terus sama yang kerja dikontrak. Kalau yang mau pakai bayar dua ribu, kalau mandi, kencing bayar empat ribu, untuk perawatan? Kenapa ngga gratis, ini kan fasilitas umum?,” tanya Erick.

“Saya kurang tahu, soalnya saya cuma kerja, pak,” jawab penjaga toilet.

Diketahui, pemilik SPBU tersebut bernama Agus, Erick mengatakan, nanti akan menghubungi pihak terkait mengenai fasilitas umum yang seharusnya gratis. Padahal, pemiliknya sudah berbisnis bensin dan mempunyai toko kelontong.

“Kepada Direksi Pertamina, saya mengharapakan fasilitas umum seperti ini harusnya gratis. Karena kan sudah dapat dari jualan bensin, udah gitu ada juga toko kelontong, jadi masyarakat mestinya dapat fasilitas tambahan,” paparnya.

Erick meminta, Direksi Pertamina harus memperbaiki dan meminta seluruh kerja sama dengan pom bensin swasta yang di bawah Pertamina, toiletnya juga tidak boleh berbayar, tapi harus gratis.

Begini Reaksi Pertamina

Corsec Subholding Commercial And Trading Pertamina, Irto Ginting menjelaskan, pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada para pemilik dan pengurus SPBU. Baik yang dimiliki penuh oleh Pertamina, maupun yang bermitra dengan pihak swasta untuk menggratiskan penggunaan toilet di SPBU.

“Toilet merupakan salah satu bentuk layanan yang ada di SPBU. Kami sosialisasikan kembali ke para pemilik SPBU untuk meningkatkan layanan ke masyarakat. Tidak hanya layanan BBM, namun juga termasuk memastikan ketersediaan toilet secara gratis dan memperhatikan kebersihan dan kenyamanannya,” paparnya, Senin (22/11/2021).

Pihak Pertamina juga menyampaikan terima kasih, atas perhatian Menteri BUMN, Erick Thohir terhadap layanan SPBU.

“Kami berterima kasih atas masukan Pak Menteri dan bapak ibu semua termasuk masukan dari masyarakat untuk membuat Pertamina lebih baik,” tandasnya.(ct7/sis)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker