Today

TPA Pasir Sembung Cianjur Kebakaran, Penyebabnya Masih Misterius

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Pasir Sembung Cianjur kebakaran, Rabu (02/09/2020). Hingga kini penyebab kebakaran tempat pembuangan sampah yang terletak di Desa Sirnagalih Kecamatan Cilaku itu belum diketahui.

Operator Pos 1 Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Cianjur, Micky, mengatakan, pihaknya menerima laporan kebakaran pada pukul 16.00 WIB. Damkar pun langsung meluncurkan dua unit mobil pemadam.

“Ditambah satu mesin water rush yang disimpen di sumber air. Jadi diluncurkan itu dari Pos 1 Cianjur dan Pos 2 Ciranjang. Untuk penyebab masih dalam penyelidikan karena di lokasi tidak ada saksi yang berbicara dalam kejadian tersebut,” tuturnya kepada wartawan, Kamis (03/09/2020).

Ia menjelaskan, petugas Damkar Cianjur dapat memadamkan api sekitar 4 jam. Namun, proses pendinginan dilakukan hingga tuntas pada pukul 00.00 WIB.

“Untuk tingkat kesulitan saat pemadaman karena yang terbakar di lereng, kemudian faktor kesulitan itu saat menyemprot itu harus melambungkan lebih dulu untuk bisa memadamkan yang dilereng tersebut. Jadi kita harus cari jalur karena intinya menjaga keselamatan rekan juga jangan sampai kebakaran malah ada korban dari petugas,” kata dia.

Dengan kejadian kebakaran TPA Pasir Sembung Cianjur, pihaknya menyarankan kepada pihak yang berwenang di lokasi untuk selalu waspada dan berhati-hati. Sebab, tumpukan sampah kerap mudah terbakar.

“Kalau dari pihak kami sih sebenarnya hanya bisa menyaran supaya tidak terjadi lagi, untuk teknis ya kembali ke dinasnya. Dari kami untuk menjaga dan menghindari kejadian itu karena hampir setiap tahun hampir kejadian, diupayakan waspada karena tumpukan sampah rentan terbakar. Jadi seluruh unsur di lokasi itu yang memang ada di sekitar sana, sama-sama saling menjaga.” tutupnya.(afs/rez)

Berikan Komentar Kalian

Back to top button