Today

Trend Mahasiswa Pencinta Alam di Cianjur Cukup Tinggi

CIANJURTODAY.COM, Cianjur – Trend Mahasiswa sebagai pencinta alam cukup tinggi di beberapa kampus di Kabupaten Cianjur selaras dengan adanya Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) pencinta alam.

Ketua Mahasiswa Pencinta Alam (Mahatala) UNPI Cianjur, Muhammad Hilmi, mengatakan, Mahatala merupakan wadah penampung minat dan bakat mahasiswa dalam pencinta alam, lingkungan dan sosial. Minat untuk gabung Mahatala cukup tinggi.

“Untuk anggota Mahatala UNPI yang sudah bergabung ada 40 orang. Kalau calon anggota baru yang ingin bergabung, alhamdulilah sudah mencapai 30 orang,” kata Hilmi saat diwawancara, Minggu (18/10/2020).

Hilmi menuturkan, ada tahapan pelatihan dan pendidikan setelah menjadi anggota Mahatala. Di antaranya, pertama open rekrutmen sebagai seleksi administrasi. Kedua, diklatsar. Kemudian, masa bimbingan.

“Dalam tiga tahapan tersebut kita memberikan keilmuan tentang mountenering. Materi kita terapkan di indoor dan praktek di outdoor. Tujuan keilmuan itu agar mengurangi resiko apabila terjadi kecelakaan saat pendakian,” ujarnya.

Ketua Mahatala Megalitica Adventure, Ai Supita, mengatakan, Mahatala Megalitica Adventure adalah UKM mahasiswa pecinta alam di Fakultas ekonomi dan Bisnis Islam Unsur Cianjur.

“Di Mahatala ini kita diajarkan sebagai pencinta bukan penikmat, ketika jiwa kita sudah mencintai alam maka kita akan merawat setulus hati tanpa ada rasa bodo amat terhadap alam,” tegasnya.

Selain pecinta alam, Mahatala bergerak di bidang sosial. Seperti membantu daerah yang terkena bencana serta ikut dalam penanganan pencegahan Covid-19.

“Di masa pandemi ini kami adalah garda terdepan sebagai Satgas Covid-19 di Fakultas, dimana satgas ini merupakan Relawan Pencegahan Covid-19.” jelasnya.(ian/afs)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button