Gaya Hidup

Tuai Kecaman Netizen, Apa Itu Pride di Instagram?

CIANJURTODAY.COM, Techno – Apa itu pride yang ramai di media sosial Instargram? Banyak yang menduga bahwa fitur tersebut mendukung LGBT di Insta Story. Bahkan, para pengguna Instagram di Indonesia memprotes adanya fitur dan stiker LGBT tersebut.

Beredar beberapa stiker bertemakan pelangi, mulai dari dua pelangi berbentuk love bersalaman, ada orang berdansa, dan dan orang dengan kursi roda pelangi.Tidak sedikit warganet yang menolak dan geram fitur baru Instagram itu baik di IG maupun cuitan di Twitter. Ungkapm protes tersebut banyak disampaikan di Twitter, Minggu (28/6/2020).

Banyak warga yang menyampaikan komentarnya mengenai fitur dengan stiker bertemakan pelangi tersebut. Mulai dari yang bertanya-tanya karena tidak rahu hingga mengecam. Salah satu tanggapn tersebut disampaikan pemilik akun @luthfiahtr.

“Orang yang buat story instagram pake stiker pride warna warni tuh tau ga si kalo stiker itutu buat support lgbt??” tulisnya di akun twitter pribadinya.

Hingga yang bertanya dengan status penggunaan Instagram, dengan seolah menyampaikan rasa kecewanya. Seperti yang di sampaikan pemilik akun @ttakoyakicelibu.

“Instagram aja ngedukung lgbt tuh liat aja stiker, hashtag berwarna pelangi. Apa mau berhenti make instagram ?” tulisnya.

Seolah bukan rahasia umum lagi bahwa banyak perusahaan internasional mendukung gerakan LGBT. Termasuk Instagram, terlihat dari beberapa hashtag yang berhubungan dengan LGBT memiliki warna pelangi sendiri di Instagram.

Meskipun bila merunut ke belakang, Instagram memang sudah mendukung kaum LGBT dari lama, tetapi masih belum banyak yang mengetahui. Hingga kini, dukungan terhadap LGBT itu makin menguat dengan menambahkan fitur ‘pride’ dalam sisi awal story Instagram, sekaligus juga terlihat dalam bentuk sticker dalam story.

Manajer Kebijakan Publik dan Penjangkauan Komunitas Instagram, Tara Bedi, menginginkan aplikasi menjadi ruang aman bagi komunitas untuk mengekspresikan diri.

“Terutama selama Covid-19, kami ingin membantu komunitas merayakan secara virtual, mencari dukungan online, dan tetap terhubung dengan orang yang mereka cintai,” jelas Bedi, seperti dikutip dari Pikiran Rakyat (28/06/2020).

Apa Itu Pride?

Pride adalah rangkaian acara dalam Bulan Juni, berlangsung setiap tahun dari 14 -28 Juni. Bisa diryakan pawai kebanggaan (pride parade, pride march, pride event, pride festival) dibeberapa negara. Merupakan acara yang menselebrasikan budaya dan kebanggaan Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender dan interseks (LGBTI).

Acara tersebut juga beberapa kali dijadikan unjuk rasa untuk hak legal seperti perkawinan sesama jenis. Juni yang dijadikan Pride Month atau Bulan Pride, waktu ketika komunitas LGBT di dunia berkumpul dan merayakan kebebasan untuk menjadi diri mereka sendiri. Perayaan Pride Month ditujukan pada siapa pun yang merasa identitas seksual mereka berada ‘di luar arus’.(ct4/rez)

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button

Harap Ijinkan Iklan di Situs Kami

Sepertinya Anda menggunakan pemblokiran iklan. Kami mengandalkan iklan untuk membantu mendanai situs kami