OpiniTips, Trik, dan Tutorial

Tujuh Cara Mencuci Tangan yang Benar untuk Cegah Bakteri dan Virus

Oleh: Gita Junika (Pemerhati Kesehatan)

DI Indonesia makan dengan menggunakan tangan itu memang memiliki kenikmatan sendiri. Namun kita harus waspada jika kita makan dengan menggunakan tangan dan mengabaikan kebersihan tangan kita sendiri.

Menurut Wikipedia, mencuci tangan adalah suatu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari dengan menggunakan air dan sabun dengan tujuan agar menjadi bersih.

Mencuci tangan sendiri sudah dikenal sejak abad 19 dengan tujuan menjadi sehat dan menurunkan dengan tajam angka kematian pada penyakit menular.

Kita sudah paham kalau di dalam tangan banyak mengandung kuman bakteri dan virus. Seperti Salmonella, E-coli atau norovirus yang bisa menularkan penyakit seperti Diare, TBC, ISPA, Influenza, muntaber, Tifus dll.

Cuci Tangan dan Handphone

Penyebaran penyakit bisa melalui berpegangan tangan, memainkan ponsel atau pergi ke toilet. Oleh karena itu cuci tangan yang benar dalam keseharian kita diwajibkan. Apalagi saat kita akan pergi makan selain mencuci tangan memotong kuku.

Bisa juga membersihkan ponsel dengan mengelapnya dengan kapas dan alkohol. Menggunakan hand hand sanitizer pada tangan juga tak kalah penting. Maka dari itu bersihkanlah kuku dan handpone minimal seminggu sekali dan juga usahakan rambut kita tetap bersih.

Penggunaan Hand Sanitizer yang Benar

Omong-omong dalam pengaplikasian hand sanitizer juga ada aturannya loh! Kita boleh menggunakan cairan pembersih itu hanya dalam keadaan darurat saat kita tidak menemukan air bersih. Setelah 3 kali pemakaian hand sanitizer diharuskan untuk mencuci tangan dengan sabun.

Pastikan kandungan hand sanitizer itu mengandung alkohol tidak lebih dari 60 persen, dan yang lebih penting jangan gunakan dalam kondisi tangan kita kotor.

Sebaiknya mencuci tangan dilakukan bukan hanya ketika tangan kita kotor atau habis memegang sesuatu yang kotor. Namun juga sebelum kita memasak, sebelum dan sesudah makan, sesudah dari toilet. Lalu sebelum mengurus bayi dan setelah memegang hewan.

Cara Cuci Tangan yang Benar

WHO sudah menerapkan 7 cara mencuci tangan yang benar. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Basahi kedua telapak tangan setinggi pertengahan lengan memakai air mengalir lalu ambil sabun usap dan gosok pada telapak tangan
  2. Usap dan gosok kedua punggung tangan secara bergantian
  3. Jangan lupakan jari-jari tangan dan gosok disela-sela jari
  4. Bersihkan ujung jari secara bergantian dengan mengatupkannta
  5. Gosok dan putar kedua ibu jari secara bergantian
  6. Letakan ujung jari ke telapak tangan dan gosok perlahan
  7. Bersihkan kedua pergelagan tangan dengan cara memutar secara bergantian dan akhiri dengan membilas seluruh bagian tangan dengan air mengalir lalu keringkan dengan handuk atau tisu

Bagaimana dengan waktu dalam mencuci tangan, berapa lama kah agar kuman-kuman yang menempel benar-benar hilang?

Menurut para ahli mencuci tangan membutuhkan waktu sedikitnya 45 detik. Ingat ya kita jangan sepelekan kebersihan tangan. Ada tips bermanfaat Simpan selalu hand sanitizer dalam tas kalian.(*)

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Dukung kami dengan Matikan Adblock

Please consider supporting us by disabling your ad blocker