Tips, Trik, dan Tutorial

Tujuh Tips Memilih Hewan Kurban yang Bagus

CIANJURTODAY.COM – Hari Raya Idul Adha 1440 H sudah di depan mata, tepatnya Minggu (11/8/2019). Usai salat id, biasanya dilanjutkan dengan menyembelih hewan kurban, seperti domba, kambing, sapi, kerbau, dan lainnya.

Nah ini menjadi informasi bagi anda yang akan berkurban pada Idul Adha 1440 H. Cianjur Today kali ini sudah merangkum tujuh tips memilih hewan kurban yang bagus. Simak ulasannya!

1 Sehat

Tentu saja, kesehatan hewan kurban adalah hal yang utama. Kita harus bisa memilih hewan yang sehat, karena kalau berpenyakit tidak baik dikonsumsi. Ciri hewan kurban yang sehat yaitu tidak kurus, bulu dan rambut sehat, mata jernih, dan kuku bersih.

2 Badannya Tegap

Postur hewan kurban yang sehat contohnya berbadan tegap. Coba minta pedagang untuk membuat hewan berjalan juga. Jika jalannya lemas hewan itu mungkin sedang sakit.

3 Nafsu Makan Tinggi

Saat memilih hewan kurban, cobalah memberi mereka makan. Hewan yang sehat akan memiliki nafsu makan yang tinggi.

4 Normal dan Tidak Cacat

Perhatikanlah fisik hewan, pastikan tidak ada kekurangan pada hewan. Seperti telinga rusak, ekor terpotong, atau lainnya.

5 Cukup Umur

Kriteria hewan kurban adalah cukup umur. Untuk domba yaitu satu tahun atau lebih, sedangkan untuk sapi adalah dua tahun atau lebih. Pastikan kamu membeli hewan kurban yang cukup umur.

6 Mulut Tidak Berlendir

Hewan berlendir biasanya menandakan hewan tersebut tidak dalah keadaan baik. Maka dari itu pilihlah hewan yang tidak berlendir dan moncongnya tidak dingin.

7 Kulit Tidak Luka

Pastikan hewan kurban pilihanmu tidak ada luka pada kulitnya.

Nah itu dia tujuh tips memilih hewan kurban yang bagus. Semoga bermanfaat!(ct2)

Penulis : Elga Nurani
Editor : M Reza Fauzie

Baca Selengkapnya

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker