Tips, Trik, dan Tutorial

Tutorial Cara Membuat Landing Page dengan Mudah dan Praktis

CIANJURTODAY.COM – Pada dasarnya membuat landing page merupakan cara agar halaman yang menjadi tempat pertama pengunjung ketika mengakses website kamu. Istilah landing page memang cukup asing dikalangan umum, tetapi secara tidak sadar kita sering menjumpainya diberbagai laman website. Umumnya landing page sering ditautkan dengan sosial media, hasil pencarian google, iklan, email campaign, search engine marketingataupun jenis tautan lainnya. Nah beberapa tautan atau iklan tersebut, customer akan diarahkan ke suatu landing page. 

Dari hasil klik tersebut maka didapatkan Click Through Rates (CTR) dan Conversion rate. Click Through Rates sendiri merupakan prensentase pengunjung yang melihat halaman web dan mengklik iklan tertentu yang muncul di halaman tersebut. Sedangkan Conversion rate intinya adalah bagaimana pengunjung website kamu menjadi pengguna aktif yang tidak hanya melihat konten kamu, tetapi juga mempromosikan, melakukan transaksi atas layanan yang kamu tawarkan. Kedua hal tersebut berfungsi untuk membuktikan apakah iklan pada suatu landing page tersebut sukses atau tidak.

Tutorial Cara Membuat Landing Page

Landing page berfungsi untuk memberitahukan user website kamu apa yang kamu ingin mereka lakukan dan bagaimana cara melakukannya. Berikut ini merupakan langkah atau cara membuat landing page dengan mudah.

1. Membuat Landing Page Menggunakan Elementor

Para pengguna blogger atau web developer tentu sudah mengenal yang namanya plugin Elementor. Plugin WordPress yang telah digunakan lebih dari 5 juta website tersebut merupakan salah satu plugin page builder terbaik untuk membuat landing page yang kita butuhkan.

Adapun cara membuat landing page menggunakan elementor adalah sebagai berikut.

• Instal Plugin Elementor

Caranya sederhana, yaknikamu tinggal masuk ke Dashboard WordPress, kemudian pilih menu Plugin > Add New > cari “Elementor”. Setelah itu, klik install now dan jangan lupa untuk langsung mengaktifkannya setelah selesai menginstall.

• Membuat dan Menentukan Design Landing Page

Membuat Landing Page Ada 2 cara yang bisa kamu lakukan mengguakan plugin elementor. 

Pertama, membuat landing page dengan template. Caranya, Kamu klik menu “Pages” >> “Add New”. Setelah dibuat, kamu jangan tergesa-gesa edit dengan elementor. Kamu bisa mengubah dulu template defaultnya menjadi menggunakan elementor canvas pada setting “Pages Attributs”. Setelah perubahan tamplatenya disimpan, baru kamu klik “Edit with Elementor”. Anda akan di arahkan ke halaman editor di elementor. Untuk membuat design dengan template yang disediakan elementor, kamu cukup klik tombol “folder” dengan begitu akan muncul tumbhnail design design yang disediakan dari plugins elementor.

Kedua, membuat landing page dengan desain sendiri. Sebenarnya cara awalnya sama, kamu bisa dilakukan “add new pages” seperti panduan sebelumnya hingga muncul halaman editor dari elementor itu sendiri, lalu jangan lupa untuk ubah templatenya menjadi elementor canvas kembali.Setelah itu, untuk membuat design dari nol, maka Anda harus mengetahui fungsi masing masing dari tools yang ada di elementor.

• Setting Landing Page Menjadi Frontpage

Apabila landing page yang kamu buat ingin dijadikan front page. Kamu cukup setting pada menu Settings > Reading > kemudian Anda ubah pada bagian “Your homepage displays” pilih “A static page (select below)” lalu pilih landing page yang sudah Anda buat tadi > save.

• Publish

Setelah selesai mengatur rancangan desain landing page sesuai keinginan dan kebutuhan kamu, selanjutnya kamu tinggal klik Publish. Namun, sebelumnya pastikan bahwa tampilan landing page yang dibuat sudah rapi dan sesuai dengan rancangan yang sudah kamu buat, caranya kamu tinggal memilih opsi Preview.

2. Membuat Landing Page Menggunakan Wix

Wix adalah software yang bisa digunakan untuk membuat landingpage ataupun situs secara umum tanpa perlu kemampuan coding. Wix juga merupakan layanan yang termasuk search engine optimization (SEO) friendly, jadi kamu tidak perlu bingung masalah SEO. Kamu juga bisa menampilkan animasi flash tanpa perlu menambah kode.Adapun cara membuat landingpage menggunakan Wix adalah sebagai berikut.

Ketik alamat www.wix.com

• Tekan Tombol Start Now

• Pilihlah Create New Account

• Ketik Alamat Email dan Password Untuk Membuat Akun Baru, lalu Tekan Tombol Go.

• Pilih Template atau Desain Landing Page

Pilih “Landing Pages” di bagian bawah menu sebelah kiri dan kemudian “Coming Soon” atau “Promotional Page,”tergantung pada tujuan halaman arahan kamu. Pilih desain yang paling dekat dengan visi kreatif kamu dan klik “Edit.” Kemudian kamu akan dibawa ke layar Wix Editor.

Untuk mendesign, kamu cukup klik pada elemen landing kamu untuk menyesuaikannya dengan tampilan dan nuansa yang kamu inginkan.

Misalnya, ketika kamu mengklik teks apa pun, kamu dapat mengeditnya atau menghapusnya sepenuhnya. Sebuah kotak juga akan muncul di mana kamu dapat mengubah font, warna, dan ukuran, di antara opsi lainnya.

• Seseuaikan Tata Letak

Ingatlah bahwa halaman arahan biasanya tidak memiliki header atau footer, dan tidak menampilkan traditional navigational elements. Karena itu, agar pengunjung dapat keluar dari halaman arahan, kamu perlu menambahkan tombol atau hyperlink yang dapat mengarahkan pengguna ke bagian situs lainnya. Untuk menyesuaikan tata letak, pilih halaman yang relevan dari Menu Situs dan pilih ikon ” Show More ” (tiga titik kecil). Pilih ” Settings,” diikuti oleh ” Layouts,” di mana kamu dapat memilih “Standard” atau ” No Header & Footer.”

• Optimalkan Halaman Anda untuk Desktop dan Seluler

Setelah puas dengan desain landingpage kamu. Selanjutnya kamu tinggal mengoptimalkannya untuk kinerja desktop, kemudian kamu dapat mengklik ikon ponsel di menu atas layar Editor Wix. Ini akan memungkinkan kamu untuk beralih mode sehingga Anda dapat mengedit halaman Anda untuk tampilan seluler.

• Pratinjau dan Publikasikan 

Setelah kamu mengoptimalkan landingpage untuk desktop dan perangkat seluler, kemudian dapat dapat mempratinjaunya(preview) menggunakan tombol di sudut kanan atas layar. Kemudian klik “Publish” untuk membuatnya hidup.

2. Menggunakan Wordpress

Dibandingkan dengan tools lainnya Banyak sekali manfaat yang bisa digunakan dari menggunakan landing page WordPress. Apalagi jika website bisnisnya sudah dibuat dengan website provider tersebut. Adapun cara membuat landingpage menggunakan WordPress adalah sebagai berikut.

• Log in atau Sign up WordPress

Pemilik hanya perlu log in dengan akun yang ada apabila website sudah dibuat dengan WordPress. Jika dirasa belum, kamu tinggal membuat akun WordPress dengan memasukkan alamat email/username dan password. Kemudian, tunggu beberapa saat hingga muncul halaman dashboard WordPress di layar kamu

• Install Plugin Beaver Builder

Setelah itu, lakukan instalasi WordPress Page Builder – Beaver Builder dari menu Plugin di dashboard WordPress. Selanjutnya, klik Install Now dan Activate untuk mengaktifkan plugin.

• Membuat Landing Page

Beaver Builder ini sudah terintegrasi di menu Post dan Page WordPress. Jadi, untuk membuat landingpage di WordPress, kamu cukup klik menu Pages > Add New. Lalu, klik tombol Launch Beaver Builder.

• Memilih Template Landing Page

Kamu bisa memilih templates yang  dengan cara klik menu Templates di samping Modules dan Rows sesuai kategori yang disediakan. Beaver Builder juga dilengkapi dengan berbagai elemen atau modules yang bisa Anda tambahkan, seperti Button, Photo, Video, Icon, dan sebagainya. Cukup klik ikon (+) di pojok kanan atas.

• Kustomisasi Tampilan Landing Page

Setelah template dipilih, kamu langsung bisa mengubah teks, warna, serta tata letak dengan cara drag and drop. Kamu cukup melakukan kustomisasi dengan mudah, baik dari sisi tampilan atau penempatan. Karena Template dari Beaver Builder biasanya sudah mencakup tombol CTA.

• Publish

Kamu bisa mengklik tombol Done dan siap untuk  mempublish landingpage kamu.

4. Menggunakan Unbounce

Unbounce adalah alat yang dapat kamu gunakan untuk membuat landingpage profesional dengan fitur yang mudah digunakan. Kamu tidak perlu tahu cara menggunakan HTML, CSS, atau teknologi web lainnya untuk membuat landing pagedengan Unbounce. Unbounce tidak mengharuskan kamumempelajari pemrograman untuk membuat landingpage. Ada pembuat halaman drag-and-drop yang mudah. Berikut ini cara menggunakan Unbounce untuk membuat landingpage.

• Rencanakan Landing Page

Untuk memulai dengan Unbounce, kamu dapat mendaftar untuk uji coba gratis di situs web mereka.

• Buat Landing Page

Misalnya kita akan coba menggunakan template Homes Realestate yang tersedia sebagai bagian dari langganan Elemen.

• Desain Landing Page

Kamu bisa meanfaatkan salah satu dari 100+ templat berkonversi tinggi yang datang gratis dengan setiap akun Unbounce. Selanjutnya, kamu tarik dan melepas teks dan visual kamu ke landig page yang dibuat. Ini adalah saat yang tepat untuk melihat seperti apa tampilannya dan bagian mana yang mungkin perlu kamu potong. Berikan landing pagekamu tampilan dan nuansa yang sama seperti situs web yang lainnya. Bawa logo bisnis kamu, perbarui font, dan cocokkan warna merek kamu dengan tepat.

• Hubungkan Landing Page

Hubungkan landingpage kamu ke domain dan sesuaikan URL. (kamu bisa melakukan ini hanya dalam beberapa menit jika menggunakan Unbounce dengan WordPress). Lalu, sematkan pelacakan untuk skrip seperti Google Analytics (atau perangkat lunak analitik lainnya). 

• Preview and Publish

Lakukan peninjauan terlebih dahulu dan pastikan landingpage kamu siap untuk dipublikasikan.

Itulah beberapa cara mudah membuat landingpage yang bisa kamu coba dan terapkan saat kamu ingin mengelola website. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait

Berita terkait

Berikan Komentar Kalian

Back to top button
Enable Notifications OK No thanks