Gaya Hidup

Ulas Sekilas Perbedaan Keyless Ignition dan Kunci Sepeda Motor Konvensional Honda

CIANJURTODAY.COM -Aman mana kunci sepeda motor konvensional atau keyless ignition Honda? Di artikel kali ini, Cianjur Today akan ulas sekilas tentang teknologi keyless ignition atau smart key system (sistem kunci pintar) yang konon mampu membuat sepeda motor aman dari maling.

Keyless ignition adalah fitur teknologi yang memungkinkan pengguna sepeda motor mengoperasikan kendaraannya tanpa mencolok anak kunci. Biasanya pengguna bisa tinggal menekan tombol atau memutar kenop starter untuk menyalakan mesin sepeda motor.

Kepala Bengkel Motor Agung Motor Cianjur, Rukmana Soleh (37) mengatakan, fitur ini sudah disematkan pada berbagai sepeda motor keluaran terbaru Honda. Salah satu keunggulannya adalah lebih aman ketimbang kunci konvensional.

“Motor yang sudah keyles seperti PCX 150,160, Vario 150, dan Scoopy stylish. Dengan fitur yang lebih simple, praktis, dan sangat aman,” tuturnya kepada Cianjur Today, Selasa (13/4/2021).

Apa yang Harus Dilakukan Kalau Keyles Motor Hilang?

Karena menggunakan sistem sinyal dan kunci elektronik, teknologi keyless ignition memang membuat sepeda motor jadi lebih sulit untuk dibobol. Berbeda dengan sistem kunci konvensional yang sudah banyak diakali dengan berbagai modus pencurian.

Rukmana juga menjelaskan apa yang harus dilakukan apabila keyles motor hilang. Ada hal lain yang juga harus diperhatikan.

“Kalau misalkan hilang tinggal diganti atau beli dengan remote yang baru. Yang harus diperhatikan pada saat keyles atau remote hilang, remote cadangan ada, scand barcode ada, dan code asterik juga ada,” tuturnya.

Selain itu, fitur keyless ignition juga dinilai praktis karena pengguna tak perlu merogoh kunci dari saku untuk menyalakan mesin, bahkan membuka tangki bensin serta bagasi. Semua bisa dilakukan hanya dengan menekan tombol atau memutar kenop.

“Jadi gak perlu masukin si kunci itu kedalam motor, lebih simple tinggal ditekan. Untuk membuka bagasi motor juga tinggal diputar atau ditekan,” bebernya.

Kalau Keyless Motor Kena Air Gimana?

Tidak masalah kalau remote keyless motor hanya kena air hujan atau percikan air. Namun jangan disengaja direndam air juga, ya!

“Jadi pabrikan sejatinya sudah memperhitungkan hal ini dan tidak akan masuk air ke dalam remote, kecuali memang terendam,” jelasnya.

Teknologi ini pun biasanya terintegrasi dengan fitur-fitur lain yang menambah kecanggihan sepeda motor. Seperti immobilizer untuk meminimalisir pencurian, serta alarm atau answer back system untuk mempermudah pengguna untuk mencari posisi parkir.

“Jadi ada juga alarm untuk keamanan pada motor tersebut. Gak usah bingung mencari motor kita di tempat parkir tinggal tekan aja tombol pada keyles,” pungkasnya.(ct9/rez)

Berita Lainnya

Berikan Komentar Kalian

Back to top button